P: Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakukan adalah

Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakukan adalah :   

  • Membuat program
  • Membuat Algoritma
  • Membeli komputer
  • Proses
  • Mempelajari program

Jawaban: membuat algoritma

Pembahasan:

Fungsi dari algoritma adalah…

  • Mempermudah dalam membuat rancangan program
  • Mempermudah mencari sumber kesalahan ketika program mengalami gangguan
  • Proses pembuatan dokumentasi akan lebih mudah
  • Pembuatan program akan lebih terarah dan rapi, sehingga tidak ada penulisan kode yang berulang

Untuk membuat algoritma tidaklah sulit, kita bisa membuat algoritma seperti membuat urutan langkah-langkah dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Apa itu Algoritma?

Algoritma adalah proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama oleh komputer. Dengan kata lain, semua susunan logis yang diurutkan berdasarkan sistematika tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah.

Secara spesifik, pengertian algoritma ialah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara matematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.


Jadi berdasarkan definisi ini, dapat dikatakan algoritma merupakan langkah penyelesaian suatu masalah yang menghasilkan solusi dalam bentuk program komputer. Namun penting diketahui bahwa algoritma tidaklah tergantung oleh suatu bahasa pemrograman tertentu, artinya suatu algoritma harus dapat diwujudkan oleh bahasa pemrograman komputer apapun.


Penyajian Algoritma

Algoritma dapat disajikan dalam dua bentuk yaitu dalam bentuk tulisan/bahasa dan dalam bentuk gambar.

Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan haruslah menggunakan bahasa yang dapat dimengerti manusia dalam menyajikan langkah-langkah algoritma.

Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan juga dapat dilakukan menggunakan pseudocode.


Pseudocode

Pseudocode berasal dari kata pseudo yang berarti “mirip atau menyerupai” dan code yang berarti “kode program”.

Contoh bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyatakan pseudocode ialah BASIC, Pascal, C, dan lain-lain.

Sedangkan, penyajian algoritma dalam bentuk gambar sering disebut flow chart.

Pseudo Code (kode semu) merupakan metode yang cukup efisien untuk menggambarkan suatu algoritma .

Pseudo Code dituliskan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami (boleh menggunakan bahasa Indonesia) agar alur logika yang digambarkan dapat dimengeti oleh orang awam sekalipun.

Flowchart Pseudo Code (kode semu) disusun dengan tujuan untuk menggambarkan  tahap-tahap penyelesaian suatu masalah  dengan kata-kata (teks).

Metode ini  mempunyai kelemahan, dimana penyusunan algoritma dengan kode semu sangat  dipengaruhi oleh tata bahasa pembuatnya, sehingga kadang-kdang sulit dipahami oleh orang lain.

Oleh karena itu kemudian dikembangkan suatu metode lain  yang dapat menggambarkan suatu algoritma program secara lebih mudah dan sederhana yaitu dengan menggunakan flowchart (diagram alir).


Sistem Flowchart

Sistem Flowchart

Sistem flowchart merupakan diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut.

Sistem flow chart tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah, tetapi hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk.


Ciri Algoritma

Adapun ciri algoritma sebagai berikut:

  1. Ada Input
  2. Ada proses
  3. Ada Output
  4. Memiliki Instruksi-Instruksi yang jelas dan tidak Ambigu
  5. Harus mempunyai Stoping Role

Jenis-jenis Algoritma

1. Algoritma Sekuensial

Algoritma sekuensial merupakan algoritma yang langkah-langkahnya secara urut dari awal hingga akhir. Langkah demi langkah yang dijalankan harus urut dari atas sampai bawah.

2. Algoritma Perulangan

Algoritma perulangan merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang-ulang atau looping. Pada masalah yang dihadapi, ada pula sebuah langkah yang harus dilakukan secara berulang-ulang.

3. Algoritma Percabangan atau Bersyarat

Algoritma bersyarat merupakan algoritma yang menjalankan langkah berikutnya apabila terdapat syarat yang sudah dapat dipenuhi.


Saat menyusun suatu program Langkah pertama yang harus dilakukan adalah?

Jawaban: Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat algoritma. Algoritma merupakan sebuah urutan yang masuk akal yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

Langkah-langkah dalam membuat suatu program?

Langkah-langkah Membuat Program
  1. Mengetahui persoalan yang akan diselesaikan.
  2. Menganalisa penyelesaian persoalan. …
  3. Membuat algoritma dan/atau flowchart-nya.
  4. Mengubah algoritma/flowchart tersebut ke dalam bahasa pemrograman.
  5. Menjalankan program dan mengevaluasinya (test & debugging).
  6. Implementasi dan penggunaan program.

 


Contoh Algoritma

Untuk membantu memahami apa itu algoritma, setidaknya kita tahu apa saja contoh penggunaan algoritma dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini terdapat beberapa contoh algoritma, terdiri atas:


  • Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap

Bilangan bulat yaitu 0, 1, -1, 2, dst, sedangkan bilangan asli 1, 2, 3, 4, 5, dst. Bilangan bulat dan bilangan asli sering dipakai dalam berhitung. Himpunan bilangan bulat dalam buku teks aljabar biasanya dinyatakan dengan lambang “Z” serta himpunan bilangan asli dinyatakan dengan lambang “N”. Algoritma yang digunakan untuk menentukan apakah bilangan tersebut ganjil atau genap disajikan dengan flowchart seperti dibawah ini :

Menentukan Ganjil atau Genap

Bilangan genap adalah bilangan bulat yang dapat habis jika dibagi 2 (dua). Bilangan ganjil adalah bilangan bulat yang tidak habis jika dibagi 2 (dua).


  • Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

Lingkaran adalah himpunan dari semua titik-titik yang ada pada bidang dalam jarak tertentu dan disebut dengan jari-jari dari titik tertentu yang disebut dengan titik pusat. Lingkaran adalah contoh dari kurva tertutup sederhana, lingkaran membagi bidang menjadi dua bagian yaitu bagian luar dan dalam. Adapaun algoritma untuk menghitung keliling dan luas lingkaran disajikan dengan flowchart seperti dibawah ini :

Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran


  • Menampilkan Bilangan Ganjil Diantara 10 sampai 30

Bilangan ganjil yang terletak diantara 10 dan 30 adalah bilangan 11,13,15, dan seterusnya. Namun yang akan ditampilkan kecuali bilangan 21 dan 27. Sehingga output/keluaran yang diharapkan dari algoritma tersebut yaitu bilangan ganjil antara 10 sampai 30 kecuali bilangan 21 dan 27. Algoritma yang digunakan untuk menampilkan bilangan ganjil antara 10 hingga 30 kecuali bilangan 21 dan 27 dapat disajikan dengan flowchart seperti dibawah ini :

Menampilkan Bilangan Ganjil Diantara 10 sampai 30

 

Contoh algoritma sehari-hari

Mulai dari aktivitas sehari-hari di rumah sampai kerjaan serius di kantor, semua bisa dibikin jadi algoritma dan flowchart! Kalau sudah begitu, kamu makin gampang deh memahami keduanya. Cuss langsung saja kita cek contoh-contohnya~

1. Memasak Telur

Kamu ingin memasak telur, ada variasi langkah flowchart yang bisa dilakukan:

  1. Siapkan telur yang akan dimasak
  2. Tentukan telurnya akan dimasak seperti apa
  3. Kalau ingin dimasak orak-arik, maka:

3.1. Pecahkan telurnya ke dalam wadah

3.2. Kocok telur dan tambahkan bumbu sesuai selera

3.3. Panaskan penggorengan

3.4. Masukkan kocokan telur ke penggorengan yang sudah panas

3.5. Aduk telur sampai menjadi orak-arik

4. Kalau ingin dimasak ceplok, maka:

4.1. Panaskan penggorengan yang sudah diisi minyak

4.2. Pecahkan telur di penggorengan dan tunggu sampai matang

  1. Kalau ingin dimasak rebus, maka:

5.1. Didihkan air dalam panci

5.2. Masukkan telur utuh ke dalamnya dan tunggu beberapa menit sampai isinya matang

  1. Siap untuk dimakan

contoh algoritma flowchart masak telur

2. Menyalakan Komputer

Kamu akan menyalakan komputer, alur flowchart-nya:

  1. Pencet tombol “on” di CPU
  2. Apakah komputer sudah menyala normal?
  3. Jika ya

3.1. Apakah muncul pesan error di layar?

3.1.1. Jika ya, lakukan troubleshooting

3.1.2. Jika tidak, komputer bisa langsung digunakan

  1. Jika tidak

4.1. Apakah lampu indikator menyala

4.1.1. Jika ya, pencet tombol “on” pada monitor

4.1.2. Jika tidak, cek sumber listrik untuk memastikan arus

4.2. Apakah masalah teratasi?

4.2.1. Jika ya, komputer bisa langsung digunakan

4.2.2. Jika tidak, silakan panggil teknisi untuk memperbaikinya

flowchart menyalakan komputer

3. Memilah Sampah

Untuk merawat bumi, pemilahan sampah wajib dilakukan sebelum dibawa ke pembuangan akhir. Alur flowchart-nya kurang lebih:

  1. Pilah sampah berdasarkan jenisnya
  2. Jenis pertama adalah sampah organik
  3. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk
  4. Jenis kedua adalah sampah yang dapat digunakan kembali
  5. Sampah jenis ini dapat dimanfaatkan untuk hal lain
  6. Sampah ketiga adalah sampah yang dapat didaur ulang
  7. Sampah ini dapat didaur ulang menjadi barang lain
  8. Jika tidak tergolong ke sampah organik, sampah yang dapat digunakan kembali, dan sampah yang dapat didaur ulang, baru dibuang ke tempat pembuangan akhir

contoh algoritma flowchart pemilahan sampah

4. Mau Kirim Paket

Kamu punya toko online dan mau kirim paket yang sudah dipesan pelanggan. Alur flowchart-nya:

  1. Buka e-commerce tempatmu membuka toko
  2. Masuk ke bagian penjualan
  3. Cetak detail pesanan lengkap dengan bagian pengiriman yang memuat nama, alamat, dan nomor telepon penerima
  4. Pastikan jasa pengiriman yang dipilih oleh pemesan
  5. Kemas paket dengan rapi
  6. Tempelkan label pengiriman yang sebelumnya sudah dicetak
  7. Datangi kurir untuk memastikan operasionalnya
  8. Jika tidak buka, ubah data jasa pengiriman dan print ulang label ke pengiriman baru, dan serahkan paket ke kurir
  9. Jika ya (buka), serahkan paket ke kurir
  10. Kurir akan memasukkan data ke dalam sistem
  11. Lakukan pembayaran sesuai dengan skema yang dipilih
  12. Kurir akan mencetak struk berisikan nomor resi
  13. Nomor resi sudah bisa dilacak

flowchart kirim paket

5. Manajemen Penjualan

Kamu pemilik bisnis kerajinan yang memperoleh pesanan. Alur flowchart-nya:

  1. Memperoleh pesanan
  2. Mencetak detail pesanan yang berisikan informasi lengkap
  3. Cek apakah valid dan layak diproses
  4. Jika tidak, batalkan pesanan
  5. Jika iya (valid), setujui pesanan dan langsung diteruskan ke bagian berikutnya
  6. Apakah stok mencukupi?

6.1. Jika tidak

6.1.1. Beli bahan baku dan buat produk sesuai jumlah pesanan

6.1.2. Masukkan produk yang sudah jadi ke gudang stok

6.2. Jika ya

6.2.1. Lanjut ke langkah selanjutnya

  1. Pesanan siap dikirimkan
  2. Pembayaran penuh diterima
  3. Pesanan dikirimkan ke alamat pemesan
  4. Pemesan menerima paket

flowchart manajemen penjualan