Inspirasi Cara Mencukur Kepala Botak (Panduan 2021)

Baik Anda mengalami kebotakan, memiliki garis rambut yang menipis, atau hanya lebih menyukai tampilan yang bersih, mencukur rambut adalah cara mudah untuk mendapatkan potongan rambut yang mudah dirawat. Meskipun ada banyak alasan untuk mencukur rambut Anda, prosesnya membutuhkan alat yang tepat dan kesabaran. Jika Anda hanya menginginkan potongan rambut pendek, maka yang Anda butuhkan hanyalah gunting rambut dan cermin kamar mandi. Untuk pria yang ingin mencukur botak untuk gaya yang ramping, Anda harus mengikuti proses langkah demi langkah untuk mendapatkan pencukuran yang mulus dan bersih tanpa luka, rambut tumbuh ke dalam, atau gundukan pisau cukur. Untuk inspirasi dan tip, kami telah menyusun panduan ini tentang cara mencukur rambut Anda dengan benar untuk mendapatkan potongan yang sempurna.

Cara Mencukur Kepala

Buzz Kepala Anda dengan Gunting Rambut

Sebagai permulaan, Anda akan membutuhkan gunting rambut berkualitas untuk hasil yang halus dan rapi. Gunting rambut pria terbaik dibuat dengan pisau yang dapat mengasah sendiri, motor yang bertenaga, dan baterai yang dapat diisi ulang dengan masa pakai yang lama. Idealnya, Anda ingin berinvestasi dalam desain tahan air untuk penggunaan kering dan basah serta pembersihan yang mudah. Anda juga ingin memilih gunting tanpa kabel untuk penggunaan yang nyaman.

Kami merekomendasikan gunting tukang cukur profesional dari salah satu merek terbaik di industri perawatan, seperti Wahl, Andis, Oster, dan BaBylissPro. Cowok juga bisa menggunakan pemangkas jenggot yang kuat yang mampu memotong rambut tebal.

Buzz Kepala Anda dengan Gunting Rambut

Saat mendengungkan kepala Anda, Anda akan membutuhkan cermin tiga arah dan area yang bersih dengan pencahayaan yang baik. Cermin akan membantu Anda mendengungkan rambut di bagian belakang kepala dan di belakang telinga serta leher Anda. Pencahayaan juga merupakan bagian penting karena akan mengungkapkan setiap titik yang tidak rata atau tidak sepenuhnya dipangkas.

Gunakan gunting rambut Anda tanpa pelindung dan mulailah memangkas rambut di bagian atas kepala Anda. Mulai perlahan dan jalankan melalui area yang sama beberapa kali untuk memastikan Anda mematikan semuanya. Setelah Anda mendapatkan potongan rambut terpendek, Anda siap untuk mempersiapkan kulit kepala Anda untuk bercukur.

Persiapkan Kulit Kepala Anda Dengan Mencuci dan Mengeksfoliasi dengan Air Hangat

Mencukur Kepala Anda

Sebelum Anda mengoleskan krim cukur dan mulai mencukur dengan pisau cukur, Anda harus mempersiapkan kulit kepala Anda. Jika Anda ingin melakukan ini secara efisien, mandi dengan air hangat dan cuci kepala Anda untuk membersihkan dan mengelupas kepala Anda.

Cara terbaik untuk mencukur rambut Anda adalah segera setelah mandi karena air hangat akan membuka pori-pori Anda, merilekskan kulit Anda, dan melembutkan rambut Anda. Proses ini akan memastikan Anda mendapatkan hasil cukur yang bersih dan mulus tanpa iritasi kulit atau luka bakar akibat pisau cukur. Mencuci juga membantu membersihkan pori-pori dan menghindari rambut tumbuh ke dalam yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Kami merekomendasikan penggunaan sampo dan kondisioner berkualitas tinggi untuk menjaga rambut dan kulit Anda terhidrasi dan ternutrisi. Produk perawatan rambut alami seperti Brickell Men’s Daily shampoo and Conditioner Set akan mencegah kulit Anda mengering dan melindungi kulit kepala Anda.

Gunakan Minyak Cukur Untuk Melumasi Kepala Anda

Cara Terbaik Untuk Mencukur Kepala Anda

Sama seperti mencukur wajah dan janggut, Anda perlu mengoleskan minyak sebelum bercukur untuk pelumasan ekstra. Minyak cukur akan lebih melembutkan dan melembabkan kulit dan rambut Anda agar mudah bercukur.

Ini akan bertindak sebagai penghalang tambahan antara kepala Anda dan pisau cukur, memungkinkan pisau untuk meluncur sambil melindungi kulit kepala Anda dari luka / torehan, luka bakar pisau cukur, dan rambut yang tumbuh ke dalam.

Kami merekomendasikan minyak pra-cukur dengan bahan-bahan alami seperti jojoba, jarak, kelapa, bunga matahari, dan minyak alpukat. Bersikaplah murah hati dan gosokkan produk cukur ini ke kulit kepala Anda sampai Anda melapisi seluruh kepala Anda secara merata.

Oleskan Krim Cukur Berkualitas Tinggi

Mencukur Kepala Botak

Setelah kepala Anda dilumasi, Anda siap menggunakan krim cukur. Krim cukur terbaik untuk pria yang mencukur rambut dibuat oleh HeadBlade HeadSlick Shave Cream.

Produk krim cukur ini diformulasikan secara khusus dengan pelumas untuk mendapatkan hasil cukur yang rapi dan halus di kepala Anda. Larut dalam air dan mudah digunakan, Anda pasti ingin berinvestasi dalam krim berkualitas untuk mencukur kepala Anda.

Krim cukur adalah salah satu produk cukur yang paling penting, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Krim berperingkat teratas akan menjaga kelembapan kulit kepala Anda dan tidak akan mengiritasi kulit kepala Anda, menyebabkan peradangan, atau mengakibatkan luka bakar akibat pisau cukur.

Setelah Anda memilih krim cukur yang baik, oleskan lapisan tipis ke seluruh kepala Anda. Gunakan cermin Anda untuk memeriksa apakah Anda telah menutupi setiap bagian dan siap untuk mulai mencukur.

Pilih Pisau Cukur yang Bagus

Cukur Kepala Anda Dengan Pisau Cukur

Saat memilih alat cukur, Anda harus memilih pisau cukur yang dirancang untuk mencukur kepala Anda. Beberapa pria menyukai pisau cukur kartrid seperti Gillette atau Bic, sementara yang lain lebih suka pisau cukur pengaman. Jika Anda seorang pemula, lebih baik memulai dengan pisau cukur kartrid untuk pencukuran yang mudah dan mulus. Saat mencari pisau cukur yang berkualitas, pria harus mempertimbangkan jumlah mata pisau dan efektivitas strip pelumas yang terpasang. Gillette Fusion5 ProGlide dan ProShield adalah pisau cukur pria yang sangat baik untuk pekerjaan itu.

Jika Anda berencana untuk mencukur kepala secara teratur, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam pisau cukur yang aman atau produk pencukur kepala berkualitas tinggi seperti HeadBlade. Jenis pisau cukur ini akan memberi Anda pencukuran yang paling dekat dan halus sekaligus meminimalkan iritasi dan luka bakar pada kulit.

Secara alami, satu bilah pisau yang meluncur di kepala Anda adalah upaya yang berisiko dan harus disediakan untuk pencukur kepala yang berpengalaman. Kami merekomendasikan Merkur Safety Razor dengan pegangan panjang atau salah satu pisau cukur terbaik dari HeadBlade.

Cukur Kepala Anda

Cukur Kepala Anda Botak

Saat mencukur rambut, Anda harus meluangkan waktu, tepat, dan tidak menggunakan terlalu banyak tekanan. Mulailah dengan sapuan pendek dan lambat ke arah pertumbuhan rambut Anda. Jika Anda pergi terlalu cepat, Anda mungkin kehilangan rambut atau melukai diri sendiri. Mulailah mencukur bagian samping kepala Anda dan ingatlah untuk membilas pisau cukur Anda dengan air hangat setiap beberapa kali sapuan agar pisau tetap bersih dan halus.

Setelah lulus pertama Anda, gunakan cermin untuk memeriksa sisi-sisinya dan kemudian oleskan kembali krim seperlunya untuk membersihkan. Untuk pria yang merasa nyaman memegang pisau cukur, oleskan minyak dan krim cukur lagi dan potong berlawanan arah dengan serat untuk pencukuran yang paling dekat.

Setelah Anda menyelesaikan sisi-sisinya, pindah ke atas dan mulai dari bagian belakang kepala. Anda akan ingin mencukur ke arah dahi Anda. Setelah Anda mencukur seluruh kepala dan menutupi setiap bagian beberapa kali, Anda dapat memutuskan untuk mencukur melawan arah agar lebih rapi.

Pada titik ini, Anda harus memiliki kepala botak yang dicukur bersih. Jika tidak, oleskan satu putaran lagi minyak dan krim untuk mengulangi proses dengan perhatian ekstra pada rambut yang tersisa. Setelah Anda puas dengan hasilnya, Anda dapat beralih ke mencuci, mengelupas, dan melembabkan kulit kepala Anda.

Cuci Kepala Anda yang Dicukur

Kepala Tercukur

Seperti wajah Anda setelah mencukur jenggot Anda, penting untuk membilas kepala Anda dan mencuci kulit kepala Anda dengan air dingin. Air dingin akan membantu menutup pori-pori, mengencangkan kulit, dan menenangkan kulit kepala. Pembersihan dan pengelupasan kulit juga berperan dalam membantu Anda menghindari rambut tumbuh ke dalam dan luka bakar akibat pisau cukur. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda dapat mengoleskan handuk dingin untuk mengontrol peradangan.

Oleskan Lotion Pasca Bercukur Untuk Menenangkan Kulit dan Mencegah Rambut Tumbuh Ke Dalam

Mencukur Kebotakan dengan Benar

Setelah itu, Anda harus mengoleskan aftershave bebas alkohol dengan sifat antiseptik dan pelembab alami. Lotion atau balsem aftershave yang berkualitas akan membersihkan kulit kepala Anda, melindungi dan menutrisi kulit, serta mengurangi iritasi dan luka bakar. Produk pasca bercukur terbaik sering kali mengandung minyak pohon teh atau witch hazel karena manfaat antibakteri alaminya. Demikian pula, pilih lotion yang dibuat dengan bahan organik alami untuk memaksimalkan hidrasi.

Lindungi Kulit Kepala Anda dengan Tabir Surya SPF atau Pelembab

Lindungi Kepala Botak Anda yang Dicukur

Pria dengan kepala botak rentan terhadap sengatan matahari sehingga Anda harus mulai memakai tabir surya untuk melindungi kulit kepala Anda dari sinar matahari. Anda dapat menghindari sengatan matahari yang menyakitkan di kepala Anda sekaligus menjaga kelembapan kulit dengan mengoleskan tabir surya dengan SPF yang cukup. Pelembab harian yang ringan dan cepat menyerap dengan perlindungan SPF 20 akan membantu. Kami merekomendasikan produk dengan formula tidak berminyak sehingga Anda dapat dengan mudah menerapkan kembali setiap beberapa jam dan secara konsisten menjaga kulit kepala Anda terhidrasi dan terlindungi.

Jika Anda tidak merawat kulit di kepala Anda, Anda akan segera mulai melihat luka bakar dan kulit kering dan bersisik, yang tidak nyaman dan tidak sedap dipandang. Lotion untuk kulit kepala Anda juga diperlukan untuk merawat dan menjaga kulit Anda agar tidak keriput.

Untuk produk pencukur kepala, kami sarankan Anda berinvestasi dalam pisau cukur, minyak, krim, dan losion terbaik. Seperti manscaping, menjaga rambut yang dicukur bersih membutuhkan kesabaran dan perawatan yang tepat dengan alat yang tepat.

Cara Mencukur Kepala Botak Dengan Pisau Cukur Listrik

Cara Mencukur Kepala Botak Dengan Pisau Cukur Listrik

Jika Anda tidak memiliki kesabaran untuk pisau cukur tradisional, kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan pisau cukur listrik untuk mencukur kebotakan kepala Anda. Alat cukur listrik mudah digunakan, nyaman dan cepat digunakan, dan tetap membuat Anda mendapatkan pencukuran yang mulus. Namun, Anda tidak dapat mengharapkan hasil yang sama dan itu tidak akan bertahan selama pisau cukur kartrid.

Dengan pisau cukur listrik, Anda akan mendapatkan kepala yang dicukur bersih selama beberapa hari tergantung pada seberapa cepat rambut Anda tumbuh kembali. Manfaat pemangkas elektrik adalah meminimalkan iritasi, luka, benjolan, dan rambut tumbuh ke dalam karena alat perawatan ini tidak akan merusak kulit.

Kami sangat merekomendasikan pencukur foil dari Andis dan Wahl, tetapi Anda juga dapat menggunakan pencukur kepala putar. Cara terbaik untuk mencukur dengan pisau cukur listrik adalah dengan tetap memotong pendek rambut dengan gunting dan kemudian menggunakan alat cukur ini untuk kepala botak.