Slang dan Istilah Cryptocurrency Populer

5
(1)

Hodl. Ke bulan. ICO. Ini hanya beberapa istilah cryptocurrency yang belum masuk ke kamus. Banyak dari mereka tetap tidak dikenal di dunia arus utama.

Tetapi mengetahui keengganan subkultur crypto awal dengan otoritas terpusat dan arus utama, mungkin perlu beberapa saat sebelum jargon merek dagang yang sering kita lihat dalam cryptocurrency dan konten blockchain bisa menjadi istilah biasa yang bahkan orang non-crypto tahu.

Namun demikian, kami menyusun dalam artikel ini beberapa istilah cryptocurrency paling populer yang harus diketahui semua orang agar mereka dapat menguraikan percakapan forum dengan mudah. Beberapa dari mereka juga memiliki sejarah yang menarik tentang bagaimana mereka muncul.

Satoshi Nakamoto

Nama samaran Satoshi Nakamoto muncul di banyak percakapan kripto hanya karena dia — atau dia, atau mereka, atau itu — menciptakan Bitcoin. Dunia telah menebak siapa entitas di balik nama samaran, tetapi belum ada yang terbukti.

Namun demikian, crypto greenhorn seharusnya tidak bertanya-tanya lagi dari mana satoshi, unit terkecil Bitcoin, berasal. Banyak yang akan menemukan satoshi, atau sats, terutama ketika mereka mengklaim koin gratis dari faucet crypto.

Di antara orang-orang yang terkait dengan pria misterius kami adalah Craig Wright, seorang ilmuwan komputer yang mengklaim, meskipun agresif, bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto. Lainnya adalah Dorian Nakamoto, seorang pensiunan fisikawan yang dikutip mengatakan bahwa dia tidak lagi terlibat dalam Bitcoin.

Hodl

Tidak, kami tidak salah mengeja ini. Orang yang mempopulerkan istilah ini melakukannya.

Pada tahun 2013, seorang pengguna Bitcointalk bernama GameKyuubi memposting di forum dengan judul I AM HODLING. Dalam postingan tersebut, pengguna mengatakan bahwa dia tidak menjual BTC-nya meskipun harga jatuh pada saat itu karena dia adalah “pedagang yang buruk”.

Pengguna tersebut mengaku berada di bawah pengaruh alkohol saat menulis postingannya. Dia bahkan bercanda bahwa pembaca harus menuntutnya, tetapi hanya jika dibayarkan dalam BTC.

GameKyuubi berkata di akhir postingannya:

Anda hanya menjual di pasar beruang jika Anda adalah seorang pedagang hari yang baik atau noob ilusi. Orang-orang di antara terus. Dalam permainan zero-sum seperti ini, pedagang hanya dapat mengambil uang Anda jika Anda menjual.

Pembaca menerima istilah itu dan bahkan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Hari ini, hodling berarti menjaga aset kripto seseorang meskipun pasar memiliki pergerakan pasar yang menurun tajam. Mengingat bahwa pasar crypto tidak stabil, banyak yang akan panik dan menjual aset mereka untuk meminimalkan kerugian.

Selama bertahun-tahun, Hodl telah menjadi backronym yang berarti “Tunggu untuk Kehidupan yang Terhormat”.

FOMO dan JOMO

Ini adalah istilah-istilah populer terutama selama tahun-tahun awal crypto hingga bull run 2017.

FOMO adalah singkatan dari “fear of missing out”, yang berarti emosi dan sentimen yang dimiliki investor cryptocurrency ketika ada proyek baru yang memiliki potensi investasi besar.

Di sisi lain, JOMO berarti “kegembiraan karena kehilangan”. Ini mengacu pada kegembiraan dan rasa lega yang dirasakan investor cryptocurrency ketika mereka tidak berinvestasi dalam proyek cryptocurrency tertentu yang ternyata scam di kemudian hari.

Ke bulan

Banyak orang yang sedang jatuh cinta akan menganggap frasa ini sebagai deskripsi kasih sayang seseorang terhadap orang lain. Kami benci mengungkapkannya kepada Anda, tetapi ini bukan jalan pintas dari frasa “ke bulan dan kembali”. Dalam crypto, ini berarti sesuatu yang sama sekali berbeda.

Ketika seseorang mengatakan cryptocurrency sedang ‘moing’, itu berarti aset tersebut mengalami lonjakan harga. Ketika seseorang mengatakan sesuatu seperti “Bitcoin to the moon!” itu berarti dia berharap bahwa cryptocurrency tersebut akan segera meroket harganya.

Orang-orang juga bertanya, “Kapan bulan?” ketika mereka ingin tahu kapan harga cryptocurrency diperkirakan akan melonjak.

FUD

Ini adalah salah satu bahasa gaul kripto lama yang tetap umum digunakan sampai sekarang. FUD adalah singkatan dari “fear, ketidakpastian, dan keraguan”. Ini merangkum emosi campuran dari investor cryptocurrency setiap kali mereka melihat crypto mereka tidak berkinerja baik.

lambo

Lambo hanya mengacu pada merek mobil sport mewah populer Lamborghini. Ini populer di kalangan cryptocurrency karena dealer dari merek mobil tersebut telah menerima Bitcoin sebagai pembayaran sejak 2017.

Hari ini, lambo sekarang menjadi simbol keunggulan dan kemakmuran para jutawan kripto. Ketika orang berkata “Kapan Lambo?” mereka bertanya kapan orang tertentu akan menjadi jutawan karena investasi crypto-nya.

ICO, IEO, dan STO

Ketiga akronim ini adalah beberapa jenis crowdfunding cryptocurrency paling populer saat ini. Yang tertua adalah ICO, yang merupakan singkatan dari penawaran koin awal. Pada dasarnya, proyek crypto baru mengumumkan dirinya kepada publik dan memfasilitasi inisiatif crowdfunding untuk mengembangkan platformnya.

Investor Crypto akan berebut untuk membeli koin proyek, yang hampir bernilai nol pada saat itu, dengan harapan harganya akan naik setelah crowdsale selesai dan koin telah terdaftar di bursa cryptocurrency.

ICO ditemukan oleh JR Willett, seorang penganut Bitcoin awal yang menggunakan metode crowdfunding tersebut untuk proyek Mastercoin, yang telah berganti nama menjadi Omni.

Lihat video ini untuk melihat bagaimana Willett memperkenalkan ICO di forum Bitcoin pada tahun 2013.

Sayangnya, ICO sangat terkait dengan penipuan. Itulah sebabnya banyak proyek cryptocurrency menggunakan IEO dan STO.

IEO adalah singkatan dari penawaran pertukaran awal. Pada dasarnya, pertukaran cryptocurrency memfasilitasi penjualan orang banyak dan mendapat komisi. Sebagai gantinya, daftar koin proyek dilakukan secara instan di bursa setelah penjualan.

Di sisi lain, STO adalah akronim untuk penawaran token keamanan, di mana perusahaan tertentu menjual sekuritas kepada pembeli yang tertarik, hanya saja kali ini sekuritas tersebut diberi token.

Airdrop

Bertentangan dengan kesan awal kami, ini bukan kata sifat parasut. Tak seorang pun di resimen pasukan terjun payung di sini.

Airdrop berarti pemberian koin atau token yang tersebar luas demi promosi atau adopsi massal. Banyak penggemar crypto mencari airdrop di berbagai platform.

Kran kripto

Cara lain untuk mendapatkan koin gratis adalah melalui faucet crypto. Ini adalah situs giveaway yang membagikan jumlah crypto yang sangat kecil kepada pengguna yang tertarik. Ini sangat populer di masa-masa awal crypto ketika tidak banyak orang yang memiliki akses ke cryptocurrency.

Faucet Crypto masih ada sampai sekarang. Namun, kami memperingatkan semua penggugat faucet untuk memeriksa keabsahan situs web karena ada beberapa yang tidak benar-benar memberikan koin gratis dan hanya menggunakan platform sebagai sarana untuk mengiklankan produk atau layanan tertentu.

Pompa-dan-buang

Jika Anda adalah anggota komunitas cryptocurrency, Anda mungkin sering menjumpai istilah ini. Pump-and-dump mengacu pada skema di mana beberapa orang akan memompa harga aset tertentu dengan membeli secara berlebihan dan overhyping, dan membuang koin mereka setelah mencapai harga yang lebih tinggi.

Praktik ini lazim sebelumnya ketika komunitas crypto terdiri dari orang-orang yang berpikir mereka bisa menjadi kaya dalam semalam melalui cryptocurrency. Sekarang, tampaknya beberapa – tidak semua – investor crypto telah matang.

Penyimpanan panas dan penyimpanan dingin

Asal tahu saja, kita tidak benar-benar berbicara tentang suhu di sini. Ini hanya jenis penyimpanan cryptocurrency. Penyimpanan panas mengacu pada dompet cryptocurrency yang terhubung ke internet. Mereka bisa berbasis web browser atau datang dalam bentuk aplikasi mobile.

Penyimpanan dingin mengacu pada dompet cryptocurrency yang tidak terhubung ke internet. Mereka bisa berupa PC offline, flash drive, atau bahkan dompet kertas.

Banyak pengguna cryptocurrency mengatakan bahwa penyimpanan dingin lebih aman daripada penyimpanan panas karena peretas hampir tidak memiliki cara untuk mencuri dana Anda.

Shiling

Shilling adalah istilah yang tidak eksklusif untuk komunitas kripto. Ini berarti kegiatan di mana seseorang berbicara tentang proyek tertentu lebih dari yang dia maksudkan hanya untuk mempromosikannya kepada publik.

Orang-orang ini biasanya adalah orang-orang berpengaruh di sektor tertentu yang mungkin memiliki motif tertentu untuk melakukannya.

Artikel yang Direkomendasikan

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/breatgem/widiyanata.com/wp-includes/functions.php on line 4755