Perbedaan antara Xampp dan Lamp

Pada artikel ini, kita akan belajar tentang XAMPP & LAMP beserta fitur-fiturnya. Kami juga akan melihat perbedaan utama antara XAMPP & LAMP.

XAMPP: XAMPP adalah singkatan dari sistem operasi X, Apache, MySQL, PHP, Perl. Ini adalah platform sumber terbuka yang tersedia untuk diunduh secara gratis. Ini termasuk atribut seperti mendukung Perl, Mercury Mail, dan juga Filezilla, dan sebagainya. Ini multiplatform dan didukung oleh banyak sistem operasi, seperti Windows, macOS, dan Linux. Ini didukung oleh banyak codec laporan yang menambah kekokohannya. Sangat mudah untuk menginstal dan mengkonfigurasi. Di XAMPP, Control Panel memudahkan pengelolaan dan implementasi.

LAMPU: LAMP adalah singkatan dari Linux, Apache, MariaDB/MySQL/MongoDB dan PHP/Perl/Python. Dan ini adalah kumpulan solusi open source, cocok untuk membangun situs web, yang dapat diinstal pada distro Linux mana pun. Mungkin seseorang telah membangun distro hanya untuk tujuan itu, tetapi konsepnya adalah untuk semua distribusi Linux.

Perbedaan antara Xampp dan Lamp :

SR.TIDAK XAMPP LAMPU
1. Ini adalah paket perangkat lunak lintas platform yang didukung oleh platform seperti Mac OS, Linux, dan Windows. Ini adalah platform open-source dan bekerja pada sistem operasi Linux.
2. Sangat mudah untuk mengunduh dan menginstal tetapi mungkin berbeda untuk platform yang berbeda. Sangat berguna untuk menginstal dan menjalankan.
3. Ini menggunakan MariaDB, yang merupakan database relasional untuk menyimpan dan mengambil operasi pada data. Ini menggunakan MySQL, yang merupakan database relasional untuk menyimpan dan mengambil operasi pada data.
4. Bahasa pemrograman atau scripting yang digunakan untuk pengembangan di XAMPP adalah PHP dan Perl. Bahasa pemrograman atau scripting yang digunakan untuk pengembangan di LAMP adalah PHP, Perl dan Python.
5. Ini lebih kuat dan pengambilan sumber daya dibandingkan dengan LAMP. Ini kurang kuat dan pengambilan sumber daya dibandingkan dengan XAMPP.
6. Muncul dengan fitur tambahan seperti mendukung Filezilla, Perl, Mercury Mail dan beberapa skrip lainnya. Itu tidak memiliki fitur-fitur ini.
7. Ini tersedia pada sistem 32-bit. Ini tersedia pada sistem 32-bit dan 64-bit.