Pencadangan & Pemulihan WordPress – GeeksforGeeks

0
(0)

WordPress adalah kerangka kerja Sistem Manajemen Konten (CMS) sumber terbuka dan gratis, yaitu alat yang mengatur seluruh proses pembuatan, penyimpanan, dan tampilan konten web secara optimal. WordPress memulai perjalanannya sebagai alat perbaikan untuk meningkatkan tipografi reguler dari penulisan sehari-hari. Tapi itu diambil sebagai alat blogging dan saat kami mencapai kuartal terakhir tahun ini WordPress berdiri kuat sebagai sistem WCM yang paling banyak digunakan dan itu juga tidak hanya di komunitas blogging.

Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana kita dapat mengambil Cadangan dari situs WordPress dan Memulihkan mereka.

Pencadangan adalah proses menyimpan salinan tambahan situs web WordPress Anda di lokasi fisik atau virtual yang berbeda dari situs web Anda di server. Biasanya, data cadangan mencakup semua data – dokumen, file media, konfigurasi, plugin, database, dll. yang diperlukan untuk melakukan beban kerja di server Anda.

Pemulihan data, sering dikenal sebagai Restore, diperlukan ketika data WordPress dalam bentuk apa pun tidak lagi dapat dibaca atau telah rusak oleh perubahan berbahaya. Atau jika Anda ingin kembali ke versi situs WordPress sebelumnya. Tindakan, proses, atau kejadian memulihkan data setelah kehilangan atau kerusakan yang tidak disengaja dikenal sebagai pemulihan.

Cadangkan Situs WordPress: Untuk membuat cadangan situs web WordPress, kita perlu menginstal Plugin. Anda dapat menginstal plugin yang relevan yang Anda inginkan yang memiliki fungsi untuk membuat cadangan situs web. Kita akan menginstal sebuah plugin bernama Updraft. Mari kita lihat langkah-langkahnya:

Langkah 1. Buka panel login WordPress dan masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke Dasbor WordPress. Anda dapat mengakses panel login dengan menambahkan /login di akhir URL situs web Anda. Dalam kasus saya, ini – http://127.0.0.1/wordpress/wp-login.php

Panel Masuk WordPress

Setelah login, Anda akan melihat dasbor serupa seperti ini:

Dasbor WordPress

Langkah 2. Kita harus mencari plugin bernama Updraft dan Instal. Untuk itu:

Di sisi kiri, Anda akan melihat banyak opsi. Pergi ke Plugin >> Tambah Baru.

Tambahkan Plugin Baru

Cari plugin bernama Updraft. Ini adalah Plugin yang akan kita gunakan untuk Mencadangkan situs WordPress kita.

Cari Plugin

Plugin akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Klik Instal sekarang. Mungkin perlu beberapa detik untuk menginstal sesuai dengan konfigurasi sistem Anda.

Updraft

Mengaktifkan Plugin setelah diinstal.

Aktifkan Plugin

Anda telah menginstal Plugin yang diperlukan untuk mengambil Cadangan situs web WordPress. Sekarang lihat Langkah selanjutnya.

Langkah 3: Setelah berhasil menginstal dan mengaktifkan plugin, Anda akan menemukan opsi baru di Pengaturan di sisi kiri yang disebut Cadangan UpdraftPlus. Klik itu.

Cadangan UpdraftPlus

Langkah 4: Klik Cadangkan Sekarang. Anda akan mendapatkan jendela popup.

Cadangkan Sekarang

Pastikan semua opsi dipilih, lalu klik Cadangkan Sekarang lagi:

Cadangkan Sekarang

Ini akan mulai mengambil cadangan. Prosesnya akan memakan waktu cukup lama sesuai dengan ukuran situs web Anda dan konfigurasi server:

Pencadangan sedang berlangsung

Itu saja, Anda sekarang telah berhasil mengambil Cadangan dari situs web WordPress Anda.

Pulihkan Situs WordPress: Misalkan Anda berada dalam situasi di mana Anda tidak dapat mengakses halaman, fungsionalitas, atau mungkin seluruh situs web dan Anda ingin memulihkan situs web sekarang:

Langkah 1: Klik pada Pengaturan >> Backup UpdraftPlus dari bilah menu sisi kiri.

Cadangan UpdraftPlus

Langkah 2: Pergi ke Cadangan yang ada bagian, di sana Anda akan menemukan daftar semua cadangan yang telah Anda buat sejauh ini.

Cadangan yang Ada

Pilih Cadangan di antara mereka (jika Anda memiliki lebih dari satu), yang ingin Anda pulihkan, dan cukup klik Memulihkan Tombol.

Langkah 3: Anda akan pergi ke halaman berikutnya, di mana Anda akan sampai pilih komponen yang akan dipulihkan lalu klik Berikutnya, disarankan untuk memilih semua opsi:

Komponen Untuk Dipulihkan

Klik pada Memulihkan tombol:

Memulihkan

Pemulihan Anda akan menjadi sedang berlangsung. Prosesnya akan memakan waktu cukup lama sesuai dengan ukuran situs web Anda dan konfigurasi server:

Kemajuan Restorasi

Anda beberapa saat, Anda akan melihat pesan dari Pemulihan Berhasil!

Pemulihan Berhasil

Itu saja, Anda sekarang telah berhasil memulihkan situs WordPress Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/breatgem/widiyanata.com/wp-includes/functions.php on line 4755