Inspirasi Seberapa Sering Pria Harus Mencuci Rambut? (Panduan 2021)

Dalam hal perawatan dan perawatan yang tepat, mencuci rambut adalah langkah penting untuk menjaganya tetap bersih dan sehat. Profesional rambut sering ditanya seberapa sering pria harus keramas rambut mereka dan jawabannya adalah Anda mungkin tidak perlu keramas setiap hari. Sementara beberapa pria mungkin perlu keramas dan mengondisikan setiap hari, sebagian besar ahli mengatakan bahwa Anda hanya boleh mencuci rambut 2 hingga 3 kali seminggu. Keramas terlalu sering dapat merusak rambut Anda dan menghilangkan minyak sehat yang melindungi dan menutrisi rambut Anda. Apakah Anda memiliki rambut lurus, bergelombang, keriting atau berminyak, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat menentukan jadwal mencuci rambut.

Untuk membantu Anda, kami telah menyusun panduan ini tentang seberapa sering pria harus mencuci rambut dengan sampo. Dari setiap hari hingga seminggu sekali, mari jelajahi rutinitas perawatan rambut yang tepat bagi para pria untuk menentukan kapan harus keramas dan mengkondisikan rambut serta berapa banyak produk yang akan digunakan.

Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Rambut?

Kebanyakan tukang cukur dan stylist profesional merekomendasikan bahwa pria harus mencuci rambut mereka dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil terbaik. Jika Anda mencuci rambut dengan sampo setiap hari, Anda mungkin merusak helai rambut, mengeringkan kulit kepala, dan menghilangkan minyak yang membuatnya lembut, berkilau, dan sehat. Meskipun beberapa pria tidak perlu menggunakan sampo setiap hari, Anda harus mencuci rambut lebih sering jika menggunakan produk penataan rambut yang berat, berolahraga secara teratur, bekerja di luar ruangan, atau memiliki rambut berminyak alami.

Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Rambut dengan Sampo?

Apakah Mencuci Rambut Setiap Hari Buruk Untuk Pria?

Mungkin tergoda untuk mandi santai di penghujung hari untuk menghilangkan masalah Anda. Namun, mencuci rambut terlalu sering adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan kulit kepala. Ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi keramas setiap hari adalah salah satu cara tercepat untuk mengganggu mikrobioma alami kulit kepala Anda. Ekosistem yang kompleks ini tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi kulit kepala Anda kebetulan dipenuhi dengan bakteri baik yang menjaga kulit Anda tetap sehat. Mencuci terlalu sering mengancam untuk menghilangkan bakteri baik ini, memberi jamur dan bakteri inflamasi lingkungan yang sempurna untuk berkembang biak.

Apakah Mencuci Rambut Setiap Hari Buruk Bagi Pria?

Secara alami, ada pengecualian untuk setiap aturan. Pria yang berolahraga secara teratur atau memiliki rambut yang terlalu berminyak mungkin perlu mencuci rambut setiap hari agar tetap bersih dan sehat. Jika Anda menggunakan produk penataan rambut yang berat, Anda mungkin juga ingin keramas rambut Anda setiap hari untuk membersihkan kulit dan menghilangkan penumpukan di kulit kepala Anda. Pomade dan gel yang tebal dapat menyumbat pori-pori dan merusak rambut Anda, menyebabkan rambut patah, berminyak, dan mengelupas.

Jika Anda terbiasa mencuci rambut setiap hari tetapi bertekad untuk mengurangi frekuensinya, sampo kering dapat menjadi alternatif yang layak untuk mengatasi minyak dan menjaga rambut tetap segar. Cukup semprot rambut Anda dengan produk, biarkan selama beberapa menit dan sisir.

Haruskah Pria Mencuci Rambut Setiap Hari?

Berapa Banyak Shampo yang Harus Anda Gunakan?

Berapa banyak sampo yang harus Anda gunakan tergantung pada panjang dan tekstur rambut Anda. Untuk rambut pendek, Anda dapat menggunakan sampo berukuran sepeser pun untuk busa yang baik yang akan membersihkan seluruh kulit kepala Anda. Pria dengan rambut sedang dapat menggunakan jumlah nikel untuk keramas yang memadai. Untuk rambut panjang, pria harus mencoba menggunakan sampo seperempat ukuran untuk menutupi setiap helai. Jika Anda memiliki rambut bertekstur atau keriting, Anda mungkin perlu menerapkan lebih banyak produk untuk memastikan Anda mencuci semua rambut dengan benar.

Yang benar adalah bahwa kebanyakan pria menggunakan terlalu banyak sampo dan kondisioner, dan Anda harus berinvestasi dalam produk perawatan rambut berkualitas tinggi dengan solusi terkonsentrasi yang mudah berbusa dan efektif. Jika Anda masih tidak yakin tentang berapa banyak sampo yang harus Anda gunakan, cukup bereksperimen dengan jumlah yang berbeda dan lihat seberapa sedikit yang dapat Anda gunakan.

Berapa Banyak Sampo yang Digunakan

Anda mungkin mendapatkan busa yang mengesankan dengan sampo dalam jumlah besar, tetapi Anda hanya perlu melapisi setiap helai dengan lembut untuk menyelesaikan pekerjaan. Untuk memastikan Anda mendapatkan busa yang layak, basahi rambut Anda terlebih dahulu dan gunakan sampo di antara telapak tangan Anda sebelum mengoleskannya ke rambut.

Ketahuilah bahwa menerapkan terlalu banyak produk tidak akan menghasilkan apa-apa selain membebani rambut Anda dan mengeringkannya. Sementara rambut tebal dapat menangani ini lebih tahan daripada rambut tipis, semua tekstur akan menghasilkan lebih banyak minyak jika terlalu sering kehilangan minyak alami.

Mencuci Rambut Pria

Seberapa Sering Anda Harus Mengkondisikan Rambut Anda?

Tidak seperti sampo, Anda dapat mengkondisikan rambut Anda setiap hari untuk menutrisi, menghidrasi, dan melindungi rambut Anda. Kondisioner dapat digunakan setiap hari bahkan saat Anda tidak keramas karena produk perawatan rambut ini tidak akan menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut Anda. Seberapa sering Anda mengkondisikan rambut Anda akan bergantung pada jenis rambut, gaya hidup, dan jenis produk pengkondisi yang Anda gunakan.

Kebanyakan pria tahu bahwa mereka harus mengkondisikan rambut mereka setelah setiap keramas. Sementara sampo membersihkan dan menghilangkan bakteri, formula ini juga menghilangkan semua minyak alami di kulit kepala Anda, membuat kepala Anda kering dan kulit kepala Anda terbuka. Untuk mencegah rambut mengering, ada baiknya untuk menghidrasi dan mengembalikan kelembapan, memberikan rambut Anda hasil akhir yang halus dan sehat.

Seberapa Sering Anda Harus Mengkondisikan Rambut Anda?

Berdasarkan Jenis Rambut

Sebagai aturan, kondisioner bilas biasa dapat digunakan setiap hari. Namun, kebanyakan pria menemukan bahwa tingkat frekuensi ini tidak perlu. Mereka yang memiliki rambut normal biasanya menemukan bahwa pengkondisian beberapa kali seminggu sangat ideal. Pria dengan rambut berminyak atau halus harus mengkondisikan paling banyak beberapa kali seminggu. Ini karena rambut halus secara alami lebih berminyak daripada rambut yang lebih kasar dan lebih tebal. Jika Anda seorang pria dengan rambut tebal dan indah, Anda harus mengkondisikan setidaknya dua hari sekali. Ini akan menjaga rambut tebal Anda tetap lembap, sehat, dan mudah diatur.

Shampoo Rambut Keriting Pria

Ketika berbicara tentang panjang dan pengkondisian rambut, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pria. Jika Anda memiliki rambut panjang, Anda harus mengkondisikan secara teratur untuk menjaga helai rambut Anda terhidrasi, kuat dan berkilau. Karena ujung Anda akan terkena elemen untuk sementara waktu, ada baiknya mengkondisikan setelah setiap pencucian untuk menjaga kerusakan dan kekeringan seminimal mungkin. Di sisi lain, pria dengan rambut pendek bisa lolos dengan pengkondisian hanya dua kali seminggu. Ini karena rambut yang lebih dekat ke kulit kepala mempertahankan minyak alami lebih efektif, membuat pengkondisian yang sering menjadi kurang penting.

Pengkondisian dalam mengikuti aturan yang sedikit berbeda. Pria berambut tebal yang ingin menjaga helai rambut mereka berkilau mungkin harus dikondisikan dalam sekali atau dua kali seminggu. Karena kondisioner dalam lebih kaya daripada kondisioner tradisional dan cenderung berat pada rambut, pria berambut tipis hanya boleh mengkondisikan dalam beberapa kali sebulan untuk menghindari penimbangan rambut yang tidak perlu.

Berapa Banyak Seharusnya Seorang Pria Mencuci Rambutnya?

Kondisioner Tinggalkan

Saat menggunakan kondisioner tanpa bilas, Anda harus tahu berapa lama produk ini akan bertahan di rambut Anda. Meskipun rutinitas ini tidak boleh menggantikan kondisioner biasa Anda, ini adalah alternatif yang berguna bagi pria yang kesulitan menemukan waktu untuk perawatan rambut yang tepat. Kondisioner tanpa bilas bekerja dengan baik untuk mengisi kembali helai rambut yang cukup kering dan merupakan pengganti yang layak untuk kondisioner bilas sekali atau dua kali seminggu. Jika rambut Anda berada di sisi yang kering, mungkin lebih baik untuk melewatkan produk ini karena tidak mungkin memberikan tingkat kelembapan yang Anda butuhkan untuk menjaga kunci Anda dalam kondisi yang baik.