Jumlah potongan rambut dan ukuran gunting rambut telah membingungkan pria selama bertahun-tahun. Baik Anda mengunjungi tempat pangkas rambut untuk pertama kalinya atau belajar memotong rambut Anda sendiri dengan satu set gunting, penting untuk mengetahui panjang yang sesuai dengan ukuran pelindung gunting yang berbeda. Dalam panduan ini, kami akan mengungkap jumlah dan ukuran potongan rambut buzz cut dan fade dengan merinci panjang rambut yang diwakili oleh setiap nomor clipper.

Nomor Potongan Rambut dan Ukuran Clipper Guard

Mari kita mulai dari dasar jika ada wanita yang berencana membantu pria mereka memangkas rambut wajah atau kepala. Nomor potongan rambut mengacu pada ukuran pelindung clipper, dan Anda dapat menemukan nomor yang terukir di pelindung itu sendiri. Kebanyakan set clipper menyediakan 8 pelindung, dan setiap ukuran clipper mewakili jumlah rambut yang akan tersisa saat digunakan. Semakin besar angkanya, semakin panjang potongan rambut. Seringkali, sebagian besar merek seperti Oster, Wahl, dan Andis menggunakan kelipatan 1/8 inci.

Misalnya, meminta “Potongan Rambut Nomor 2” berarti pelindung # 2 akan dipasang pada gunting untuk meninggalkan 1/4 inci rambut di kulit kepala. Demikian pula, “Potongan Rambut Nomor 1” adalah potongan yang sangat pendek yang sesuai dengan panjang 1/8 inci; potongan “Potongan Rambut Nomor 3” menjadi 3/8 inci; dan “Nomor 4” adalah panjang sedang 1/2 inci. Dengan cara ini, seorang pria dapat meminta potongan rambut Nomor 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, atau 8, di mana “Nomor 0” berarti tidak ada pelindung yang digunakan, menghasilkan tampilan yang hampir dicukur dengan Sisa 1/16 inci rambut.

Panduan Referensi Cepat Untuk Ukuran Gunting Rambut

Ukuran Gunting Rambut

Berikut adalah nomor potong rambut dan ukuran clipper guard masing-masing (panjang):

  • Nomor 1 – seperdelapan inci
  • Nomor 2 – seperempat inci
  • Nomor 3 – tiga perdelapan inci
  • Nomor 4 – setengah inci
  • Nomor 5 – lima per delapan inci
  • Nomor 6 – tiga perempat inci
  • Nomor 7 – tujuh per delapan inci
  • Nomor 8 – satu inci

Potongan Rambut Nomor 0

“Potongan Rambut Nomor 0” tidak memiliki pelindung yang terpasang dan oleh karena itu menggunakan pelindung permanen yang terpasang pada gunting untuk memotong pendek. Angka nol sering digunakan untuk memberikan potongan yang sangat pendek atau hampir memudarkan kulit, membuat kulit kepala terbuka.

Potongan Rambut Nomor 0 - Buzz Cut

Potongan Rambut Nomor 1

“Potongan Rambut Nomor 1” berukuran sekitar 1/8 inci, yang sedikit lebih panjang dari angka nol. Penjaga #1 masih ideal untuk pemotongan buzz, atau Anda dapat menggunakannya untuk meruncing atau memudar dari nomor yang berbeda. Namun, kami tidak menyarankan potongan nomor 1 jika Anda tidak ingin kulit kepala Anda terlihat.

Potongan Rambut Nomor 1 - Buzz Cut

Potongan Rambut Nomor 2

“Potongan Rambut Nomor 2” adalah salah satu ukuran gunting paling populer untuk potongan rambut pudar. Tidak terlalu pendek atau panjang, #2 memberi Anda panjang 1/4 inci, memungkinkan gaya rambut lebih penuh yang tidak mengekspos kulit kepala. Nomor 2 adalah taruhan yang aman untuk pria dengan rambut menipis dan kemungkinan cocok untuk rambut tebal.

Potongan Rambut Nomor 2 - Buzz Cut

Potongan Rambut Nomor 3

“Potongan Rambut Nomor 3” memotong rambut Anda hingga 3/8 inci, dan umumnya merupakan ukuran gunting rambut terpanjang yang akan digunakan sebagian besar tukang cukur untuk mempertahankan sisi pendek yang pudar. Di sisi lain, #3 juga dapat digunakan di bagian atas untuk gaya potongan buzz yang lebih panjang (misalnya potongan duri).

Potongan Rambut Nomor 3 - Buzz Cut

Potongan Rambut Nomor 4

“Potongan Rambut Nomor 4” meninggalkan rambut sepanjang 1/2 inci, menjadikannya sebagai pelindung gunting rambut dengan panjang sedang. Dengan ukuran #4, Anda bisa mulai mendapatkan potongan kuas atau kru, yang mirip dengan potongan buzz tetapi termasuk kulit yang memudar di bagian samping dan rambut yang lebih panjang di bagian atas. Nomor 4 bekerja dengan baik untuk rambut tebal dan tipis.

Potongan Rambut Nomor 4 - Buzz Cut

Potongan Rambut Nomor 5

Panjang “Potongan Rambut Nomor 5” adalah 5/8 inci, meskipun sebagian besar merek menggunakan pelindung gunting #5 dan #6 untuk gaya lancip.

Potongan Rambut Nomor 5 - Potongan Rambut

Potongan Rambut Nomor 6

“Potongan Rambut Nomor 6” panjangnya 3/4 inci. Seperti disebutkan di atas, ukuran #6 dicadangkan untuk meruncingkan rambut Anda.

Potongan Rambut Nomor 6 - Potongan Rambut

Potongan Rambut Nomor 7

“Potongan Rambut Nomor 7” adalah potongan sepanjang 7/8 inci. Karena panjangnya, #7 dapat digunakan untuk gaya potongan kru untuk pria dengan rambut tebal. Namun, ingatlah untuk menggunakan pelindung ukuran yang lebih kecil (misalnya #1, 2, 3, dan 4) untuk memudarkan rambut Anda di bagian samping.

Potongan Rambut Nomor 8

Terakhir, “Potongan Rambut Nomor 8” memiliki panjang satu inci dan mewakili ukuran gunting rambut terpanjang yang dibuat di Amerika Serikat. Meskipun tidak umum digunakan untuk memberikan potongan rambut pudar, #8 adalah cara malas untuk memangkas rambut di atas kepala Anda saat menggunakan # 1, 2 atau 3 di samping.

Untuk informasi lebih lanjut tentang memotong rambut Anda sendiri, lihat ulasan kami tentang gunting rambut terbaik untuk penggunaan profesional dan rumah.