Inspirasi Memotong Rambut dengan Gunting (Panduan 2021)

Jika Anda berpikir untuk memotong rambut Anda sendiri, Anda tidak sendirian. Ada sejumlah pria yang belajar memotong rambut sendiri di rumah. Karena jalan-jalan ke barber shop bisa merepotkan, memakan waktu dan bahkan mahal, potong rambut DIY bisa menjadi solusi tepat bagi sebagian pria. Dan sementara memberi diri Anda potongan rambut dengan gunting bisa menjadi tantangan untuk pertama kalinya, mencari tahu cara memotong rambut pria adalah keterampilan yang layak untuk dikembangkan.

Apakah Anda memiliki rambut panjang atau pendek, panduan ini akan mengajari Anda cara memotong rambut Anda sendiri. Dari potongan buzz hingga punggung pendek dan samping dengan rambut panjang di atasnya, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang menggunakan gunting untuk memangkas rambut Anda.

Alat Pemotong Rambut Diri Terbaik

Sebelum Anda mulai, Anda memerlukan alat pemotong rambut yang tepat. Misalnya, Anda membutuhkan gunting rambut, gunting, dan cermin genggam yang bagus. Berikut adalah alat pemotong rambut terbaik untuk dipertimbangkan untuk dibeli.

gunting

Untuk rambut pendek, terutama jika Anda ingin meruncingkan bagian samping dan belakang atau memberikan potongan yang menarik, Anda benar-benar membutuhkan gunting rambut terbaik. Namun, ada tingkat kualitas yang berbeda dalam hal pemangkas.

Alat Pemotong Rambut Sendiri

Gunting rambut profesional dilengkapi dengan sejumlah pelindung dan akan memberikan Anda performa terbaik. Klip Ajaib Profesional Wahl menawarkan motor yang kuat, bilah yang tajam, presisi tinggi, penggunaan dengan kabel dan tanpa kabel dengan waktu pengoperasian 90 menit dengan sekali pengisian daya, dan penanganan yang sangat baik. Dinilai sebagai salah satu gunting tukang cukur terbaik di pasaran, mesin ini sangat cocok untuk pria yang serius ingin mendapatkan potongan yang rapi di rumah.

Untuk pria yang hanya menginginkan gunting rambut murah yang andal, mudah digunakan, dan memiliki semua sisir yang diperlukan, kami sarankan untuk memilih model tanpa kabel yang terjangkau seperti Wahl Color Pro. Kit pemotong rambut lengkap ini menyediakan satu set lengkap sisir pelindung berkode warna dan menggabungkan bilah baja tahan karat dengan baterai kuat yang memberikan waktu pengoperasian selama 60 menit. Model ini sangat baik untuk pemula dengan anggaran terbatas yang menginginkan mobilitas maksimal.

Jika Anda ingin meningkatkan ke gunting elektrik berkabel berkinerja tinggi, Wahl Elite Pro adalah kit potong rambut rumahan yang layak untuk dilihat secara serius. Dengan desain yang ramping, bilah yang mengasah sendiri, motor yang bertenaga namun senyap, tuas lancip yang dapat disesuaikan, dan aksesori premium, Anda tidak akan salah dengan produk ini.

Gunting

Alat tukang cukur lainnya yang diperlukan termasuk gunting atau gunting. Sementara sebagian besar pemangkasan yang terlibat akan dilakukan dengan gunting, gunting dapat membantu memotong rambut di atas kepala Anda dan memperbaiki area kecil. Didesain dengan pegangan ergonomis dan dibuat dengan baja tahan karat agar tetap tajam, ini adalah gunting potong rambut terbaik.

Cara Memotong Rambut Pria

Cermin

Terakhir, Anda ingin berinvestasi dalam cermin tiga arah yang dapat Anda sambungkan di mana saja. Jika ini adalah pertama kalinya Anda memotong rambut sendiri, Anda mungkin bisa menggunakan cermin di kamar mandi Anda dan mengangkat cermin genggam.

Tetapi jika Anda menginginkan sistem pemotongan rambut lengkap, cermin kokoh dengan desain serbaguna akan memastikan Anda melihat setiap sudut saat memangkas bagian samping, belakang, dan garis leher.

Pilih Potongan Rambut Terbaik

Memilih potongan rambut terbaik tergantung pada bentuk wajah dan gaya pribadi. Gaya rambut pria yang baik menyanjung fitur wajah Anda. Tetapi sebelum Anda mencoba memotong sendiri dengan sisir yang terlalu pudar, undercut yang disisir ke belakang, atau lancip, kami sarankan Anda memulai dengan potongan rambut yang mudah untuk pertama kalinya.

Potongan Rambut Pria Berdasarkan Bentuk Wajah

Potongan rambut pendek seperti buzz cut atau crew cut dapat dicapai hanya dengan gunting dan tidak memudar. Dan meskipun gaya yang paling populer memiliki rambut pendek di bagian samping dengan rambut yang lebih panjang di bagian atas, potongan pendek ini membuat pencampuran menjadi lebih sederhana karena semua rambut awalnya sangat pendek.

Bahkan pelindung #2 atau #3 di bagian samping dan belakang dengan potongan #4 atau #5 di bagian atas dapat meminimalkan kontras, memberikan tampilan lancip klasik yang halus, dan menghasilkan potongan kru atau crop top yang bagus.

Cara Memberi Diri Anda Potongan Buzz

Ingatlah bahwa Anda selalu dapat memotong lebih pendek, tetapi Anda tidak dapat menumbuhkan kembali rambut Anda dalam satu menit. Jadi mulailah secara konservatif dengan penjaga yang lebih panjang. Dalam skenario terburuk, Anda mungkin harus memakai potongan buzz selama sebulan atau mengunjungi tempat pangkas rambut agar potongannya memudar.

Cuci rambut mu

Sebelum Anda mulai memotong, pria harus mencuci rambut mereka dengan sampo dan kondisioner. Pertama, rambut bersih lebih mudah dipotong dan dikerjakan. Produk penata rambut dapat mempersulit menyisir dan memasukkan rambut Anda ke dalam gunting, dan ini dapat mengubah panjang di kepala Anda. Selanjutnya, rambut yang dilembabkan menjadi lembut dan dapat disikat untuk menghilangkan kusut.

Cuci rambut mu

Setelah mandi, pastikan untuk mengeringkan rambut dengan handuk dengan benar. Rambut basah dapat diluruskan dan tampak lebih panjang dari sebelumnya, dan ini dapat menyebabkan pria pada akhirnya memotong lebih dari yang diinginkan. Kemudian, ketika rambut mengering, Anda akan mendapatkan potongan rambut yang jauh lebih pendek dari yang dimaksudkan. Hanya gunakan gunting pada rambut kering.

Tempat Memotong Rambut Anda

Sementara kebanyakan pria secara alami akan memotong rambut mereka sendiri di kamar mandi, area ini mungkin tidak ideal untuk semua orang. Anda akan membutuhkan ruang untuk bermanuver, pencahayaan yang baik, dan cermin besar.

Tempat Memotong Rambut Anda Di Rumah

Beberapa kamar mandi memiliki pencahayaan kuning redup yang dapat mengaburkan pandangan Anda atau menyebabkan bayangan. Pertimbangkan pengaturan dengan cahaya alami.

Saat Anda menyiapkan ruang kerja, kenali alat Anda. Nyalakan dan matikan clipper, gerakkan bilah yang dapat disetel maju mundur, dan pasang pelindung untuk memastikannya tetap di tempatnya.

Memotong Rambut Anda Sendiri dengan Clippers

Cara Memotong Rambut Dengan Gunting

Potongan rambut paling populer untuk pria memiliki sisi pendek dengan rambut panjang di atasnya. Untuk mencapai ini, tukang cukur selalu memulai potongan rambut dengan memotong sisi dan belakang dengan gunting.

Untuk melakukan pemotongan buzz dengan gunting, tidak ada bedanya sehingga Anda dapat memasang pelindung yang tepat dan mulai memotong dari depan ke belakang. Untuk potongan panjang yang seragam, selalu dengung melawan arus.

Jika tidak, ikuti panduan langkah demi langkah ini untuk mempelajari cara memotong rambut dengan gunting.

Mulai Memotong Sisi

Pilih ukuran pelindung Anda, jepit di sisir, dan jalankan gunting di sisi kepala Anda. Mulai dari bawah dan gerakkan gunting ke atas ke atas, lakukan secara bertahap dari cambang ke belakang.

Potong Rambut Anda di Samping dan Belakang dengan Gunting

Jaga agar mesin tetap stabil, sedikit miring ke depan, dan siram dengan kulit kepala Anda untuk mengambil rambut sebanyak mungkin. Bahkan dengan gunting yang bagus, penting untuk melakukan beberapa gerakan untuk memastikan semua rambut memiliki panjang yang sama.

Terakhir, pastikan rambut pendek di bagian belakang dan samping setidaknya beberapa ukuran penjaga lebih pendek dari rambut panjang di atas. Pria berpengalaman dapat memotong bagian bawah sisi mereka satu panjang lebih pendek dari bagian atas untuk menciptakan tampilan yang meruncing.

Cara Memotong Bagian Belakang Rambut Anda

Untuk memotong rambut di bagian belakang kepala, Anda harus mengangkat gunting dari garis leher. Gunakan cermin untuk melihat ke belakang dan berjalan perlahan. Posisi canggung akan membutuhkan waktu untuk merasa nyaman. Jika Anda memudarkan rambut dan memangkas panjang yang berbeda, tetaplah konsisten dengan pelindungnya.

Cara Memotong Bagian Belakang Rambut Anda

Pada akhirnya, memotong pendek rambut Anda di bagian belakang dan samping akan menciptakan tampilan yang mulus. Gunakan gerakan menjentikkan ke atas untuk menarik gunting ke belakang dan secara alami memadukan sisi dengan rambut yang lebih panjang di atas.

Untuk pemula, teknik pemotongan rambut dasar ini sudah cukup untuk membuat rambut Anda memudar. Jelas, seorang tukang cukur yang terampil dapat melakukan potongan rambut yang memudar dengan lebih baik, tetapi selama transisi rambut yang meruncing dengan lancar, itu adalah potongan DIY yang cukup bagus.

Cara Membuat Diri Anda Pudar

Melakukan fade sendiri bisa sangat menantang, tetapi bagi pria yang penasaran dengan potongan rambut modern yang trendi ini, berikut adalah contoh potongan rambut fade terbaik untuk ditiru.

Lakukan Potongan Rambut Pudar Sendiri

Dengan begitu banyak jenis fade yang berbeda, termasuk potongan fade tinggi, sedang, rendah, dan botak, ada beberapa cara untuk memudarkan rambut dengan gunting.

Pertama, Anda harus menentukan di mana fading akan dimulai. Fade tinggi itu edgy, sedangkan fade rendah lebih klasik. Kedua, para pria harus memutuskan seberapa pendek sisi yang pudar. Memadukan warna kulit yang memudar bisa jadi sulit, jadi kami sarankan untuk memulai dengan fade rendah #2 atau #3 dan teruskan.

Cara Memberi Diri Anda Potongan Rambut Pudar

Ini membutuhkan pencampuran rambut secara bertahap dengan lancar dengan mengganti sisir, dari #2 atau #3 ke #4, #5, atau #6. Garis harus simetris di kedua sisi dan bahkan di sekitar kepala. Seperti hal lain, latihan membuat sempurna dan mata yang tajam diperlukan.

Cara Memotong Bagian Atas

Kecuali Anda memotong buzz cut atau crew cut, rambut di atas kepala Anda perlu dipotong dengan gunting. Seperti yang Anda lihat dilakukan oleh tukang cukur profesional, Anda akan ingin menggunakan jari-jari Anda untuk mengukur panjang dan menjaga konsistensi. Atau, gunakan sisir untuk menarik rambut ke atas dan potong dalam garis lurus.

Cara Memotong Rambut di Atas

Mulailah di satu bagian kepala Anda dan lanjutkan ke seluruh bagian atas untuk memastikan panjang yang sama. Saat memotong rambut panjang lebih pendek, ambil untaian dari bagian yang berbeda atau masuk dari sudut yang berbeda untuk menghindari area yang hilang.

Untuk rambut di depan (poni Anda), sisir rambut Anda ke bawah dan potong di dahi Anda. Jika Anda memiliki garis rambut surut atau puncak janda, Anda mungkin ingin membiarkan rambut lebih panjang di sekitar pelipis dan bintik-bintik botak untuk menutupi area ini.

Potong Pendek Rambut Anda Sendiri

Setelah selesai dengan bagian atas, sisir rambut Anda untuk mencari ketidakteraturan atau untaian panjang.

Bersihkan Garis Rambut dengan Pemangkas

Idealnya, pemangkas seperti Andis Professional T-Outliner dapat membantu saat membuat potongan yang tajam dan presisi di sekitar garis rambut dan garis leher. Jika tidak, cukup gunakan gunting Anda dan balikkan.

Dengan menggunakan pemangkas atau edger, bersihkan cambang serta rambut di sekitar telinga. Tujuannya adalah untuk memiliki lekukan garis rambut di sekitar telinga Anda dengan baik.

Bersihkan Garis Rambut dan Leher dengan Pemangkas

Selanjutnya, Anda akan ingin mengikuti garis rambut di belakang telinga dan ke dalam garis leher Anda. Potongan ini harus simetris di kedua sisi leher, jadi jangan memotong terlalu jauh ke dalam.

Akhirnya, leher dapat dipangkas dengan beberapa cara berbeda. Pilih antara potongan rambut leher meruncing, bulat, dan diblokir.

Gaya Rambut Anda

Setelah mencuci, keramas, mengkondisikan, dan mengeringkan rambut Anda, periksa dan lihat terakhir. Gunakan produk rambut terbaik untuk pria untuk menata rambut Anda.

Gaya Rambut Anda Pria

Menata gaya rambut favorit Anda akan memberi tahu Anda apakah Anda memberi diri Anda potongan rambut yang bagus atau buruk. Pada titik ini, Anda dapat melakukan penyesuaian pada pekerjaan Anda.

Namun, kami akan mencatat bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang masalah kecil. Banyak dari kesalahan kecil ini hampir tidak akan terlihat dalam beberapa hari saat rambut Anda tumbuh.

Memotong Rambut Sendiri Di Rumah Untuk Pria

Memotong rambut pria adalah keterampilan yang berguna untuk dimiliki apa pun motif Anda. Dari menghemat waktu dan uang hingga memperpanjang umur potong rambut Anda dengan menyentuhnya di rumah, ada banyak manfaat.

Namun demikian, kami tetap menyarankan Anda mengunjungi toko tukang cukur tradisional di dekat Anda sesekali, bahkan jika itu untuk mendapatkan tips dan trik dari tukang cukur profesional!