Inspirasi Cara Merawat Kepala Botak Tercukur (Panduan 2021)

Sementara beberapa pria bersemangat tentang tren rambut terbaru, beberapa pria menyukai kepala yang dicukur. Ketika berbicara tentang penampilan yang mudah dan bersih, kepala botak adalah salah satu gaya potongan rambut paling populer. Jika Anda berpikir untuk mencukur rambut Anda, Anda harus mempelajari semua tentang merawat kepala yang botak. Baik itu mencuci kulit kepala, mengoleskan pelembab berkualitas setelahnya, atau menggunakan tabir surya secara teratur, menjaga agar kepala yang dicukur bersih tetap halus dan sehat membutuhkan perawatan yang tepat. Perawatan kulit kepala botak adalah proses penting yang akan memastikan kulit kepala Anda yang dicukur terlihat bagus dan tetap halus lebih lama. Untuk menginspirasi Anda, kami telah menyusun panduan ini tentang cara menjaga kepala botak. Dari tips bercukur hingga perawatan dan perawatan, jelajahi cara terbaik untuk menjaga kepala yang dicukur tetap bersih dan halus.

Cara Merawat Kepala Botak

Cukur Kepala Anda Dengan Pisau Cukur Berkualitas

Saat Anda memutuskan untuk mencukur rambut, langkah pertama Anda adalah memilih pisau cukur yang berkualitas. Pisau cukur Anda akan memiliki dampak terbesar pada kenyamanan dan tampilan kulit kepala Anda setelah bercukur, jadi penting untuk meneliti sebelum memilih. Saat baru memulai, kebanyakan pria memilih pisau cukur sekali pakai multi-pisau, karena lebih mudah memaafkan daripada opsi pisau tunggal. Setelah Anda merasa nyaman dengan prosesnya, Anda dapat beralih ke pisau cukur yang aman atau lurus. Pengurangan biaya dan peningkatan presisi blade ini merupakan nilai jual utama bagi yang lebih berpengalaman.

Sebelum mencukur rambut Anda, Anda harus melakukan beberapa pekerjaan persiapan dengan mendengungkan rambut Anda dengan gunting berkualitas. Gunting rambut terbaik dibuat dengan mata pisau yang tajam, direkayasa untuk memiliki motor yang bertenaga, dilengkapi dengan baterai isi ulang yang tahan lama, dan dikemas dengan satu set sisir dan attachment yang lengkap.

Buzz Kepala Anda

Anda harus melepas pelindung sebelum melakukannya, yang hanya akan meninggalkan tunggul di atas kepala Anda. Setelah itu, gerakkan tangan Anda yang bebas di atas kepala Anda untuk memeriksa tempat yang terlewat, dan ulangi sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Meninggalkan rambut yang lebih panjang dapat menyebabkan penarikan dan iritasi selama pencukuran terakhir.

Mandi air panas sebelum bercukur adalah cara yang dicoba dan benar untuk membuka pori-pori Anda. Keramas ringan pada janggut di kepala Anda akan menghilangkan minyak, kotoran dan sel-sel mati, sekaligus melembutkan kulit dan sisa rambut.

Perawatan Kepala Botak

Setelah Anda mandi, dan handuk, oleskan lapisan krim cukur kulit sensitif. Dengan menggunakan pisau cukur yang segar dan tajam, mulailah mencukur dengan butiran rambut Anda dengan sapuan yang disengaja. Melawan keinginan terkadang bisa membuat Anda bercukur sedikit lebih dekat, tetapi hampir selalu menyebabkan lebih banyak iritasi kulit. Ingatlah bahwa mempercepat proses ini saat Anda masih belajar dapat menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan setelahnya. Luangkan waktu Anda, pelajari kontur kulit kepala Anda, dan pastikan Anda mendapatkan kepala yang dicukur dengan baik.

Cuci Kepala Anda dengan Shampo Terbaik

Bahkan dengan kepala yang dicukur bersih, Anda masih perlu keramas secara teratur. Tidak cukup menggunakan sabun mandi atau sabun batangan untuk membersihkan bagian atas kepala Anda. Produk-produk tersebut tidak diformulasikan untuk kulit sensitif di kulit kepala Anda dan akan membuat kepala Anda cepat kering.

Sampo secara khusus dibuat untuk membersihkan kulit kepala sekaligus melembapkan kulit, menutrisi folikel rambut, dan secara umum menjaga kesehatan kepala. Menggunakan sampo terbaik untuk pria akan mencegah pengelupasan, gatal, dan iritasi umum. Keramas secara teratur akan lebih bermanfaat untuk kulit kepala Anda daripada hanya melembabkan saja, jadi ini adalah langkah penting untuk menjaga kepala botak yang tampak sehat.

Pertahankan Kepala yang Dicukur Bersih

Hidrasi dengan Kondisioner yang Baik

Kondisioner mungkin salah satu alat yang paling diabaikan dalam rutinitas perawatan pria botak, tetapi pentingnya tidak dapat dilebih-lebihkan. Mengkondisikan kulit kepala secara teratur dapat membantu memulihkan kesehatan folikel rambut, mengunci nutrisi, dan menjauhkan kontaminan. Sebagai bonus, kondisioner berkualitas juga akan melembutkan pertumbuhan rambut baru dan menjaga kelembapan kepala, sehingga mencegah ketombe atau kulit kering terkelupas. Memiliki janggut yang tidak terlalu berbulu akan membuat kepala Anda terasa halus lebih lama, dan mungkin memberi Anda sedikit waktu ekstra di antara bercukur. Untungnya, Anda tidak harus menggunakan kondisioner setiap hari, tetapi mengoleskan produk di kamar mandi setiap beberapa hari dapat membantu menjaga kepala botak Anda.

Jaga Kepala Botak Halus

Oleskan Pelembab Pada Kulit Kepala Anda

Sekarang setelah Anda mencukur rambut, Anda harus menggunakan pelembab setiap hari. Tanpa rambut, kulit kepala akan lebih mudah kering dan mengelupas. Penggunaan pelembab atau minyak kulit setiap hari akan mengimbangi peningkatan paparan elemen, mengurangi rasa gatal dan mengelupas, dan menghasilkan tampilan keseluruhan yang lebih sehat.

Pakai Pelembab Setelah Anda Mencukur Kepala Botak

Pijat Kulit Kepala Anda

Memijat kulit kepala Anda adalah bagian penting dari rutinitas kesehatan kepala botak Anda. Ini hanya akan memakan waktu lima menit dari hari Anda, dan manfaatnya akan membuatnya sepadan dengan waktu Anda. Cukup mudah dilakukan saat mandi sambil keramas atau memijat kulit kepala setelah Anda memakai lotion. Namun, Anda juga dapat memilih untuk menjadikan ini sebagai bagian mandiri dari rejimen perawatan Anda.

Pijat kulit kepala setiap hari akan membuka pembuluh darah, meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke kulit dan folikel rambut. Latihan ini juga akan meredakan ketegangan pada kulit sambil memberi Anda momen yang tenang dan terkumpul. Ini semua menambahkan hingga kulit kepala yang lebih sehat dan tampilan keseluruhan.

Perawatan Kepala Botak

Lindungi Kepala Botak Anda

Tanpa rambut untuk melindunginya, kulit kepala Anda yang baru botak kini akan terpapar unsur-unsur, yaitu sinar UV. Anda perlu memasukkan tabir surya ke dalam gudang senjata Anda untuk mempertahankan tampilan kulit di kepala Anda yang masih asli. Paparan sinar UV yang terlalu lama dapat menyebabkan kekeringan, luka bakar, pengelupasan, dan pembengkakan.

Bahkan jika Anda tidak rentan terhadap sengatan matahari, ini adalah sesuatu yang harus sangat diperhatikan. Dermatologis dan pakar kesehatan merekomendasikan untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya sepanjang tahun. Karena bagian atas kepala Anda sekarang adalah area tubuh yang paling terbuka, Anda harus menggunakan tabir surya SPF tinggi untuk diterapkan.

Cara Merawat Kepala Botak

Saat memilih tabir surya untuk diterapkan, usahakan untuk mendapatkan produk yang menawarkan SPF 45 atau lebih tinggi untuk perawatan kulit kepala yang tepat. Ingatlah bahwa tabir surya hanya memberikan perlindungan hingga dua jam, jadi Anda harus menerapkannya kembali secara konsisten sepanjang hari saat berada di luar ruangan.

Pilihan yang lebih baik untuk mencegah kerusakan akibat sinar UV adalah mengenakan topi selama aktivitas di luar ruangan. Kebanyakan pria botak yang bergaya memiliki beberapa topi untuk musim panas dan musim dingin, menawarkan solusi mudah untuk menjauhkan sinar matahari dari kulit kepala Anda. Dengan begitu banyak gaya topi yang perlu dipertimbangkan, bahan pokok lemari pakaian ini bisa menjadi aksesori trendi yang tampak hebat sekaligus menjadi bagian penting dari perawatan kulit Anda.

Perawatan Kulit Kepala Dicukur

Cara Menjaga Kepala Botak Anda Halus

  • Buzz rambut Anda dengan gunting listrik.
  • Mandi air panas untuk membersihkan kepala dan membuka pori-pori.
  • Oleskan krim cukur atau mentega ke seluruh kulit kepala Anda untuk perlindungan.
  • Gunakan pisau cukur berkualitas untuk mencukur kepala Anda dengan sapuan halus dan bersih. Pastikan untuk mencukur dengan butiran rambut Anda.
  • Bilas atau bersihkan sisa krim cukur dan rambut lepas.
  • Periksa area yang mungkin Anda lewatkan dengan mengusapkan tangan bebas ke seluruh kepala dan mencukur bintik-bintik ini sesuai kebutuhan.
  • Gantungkan handuk basah hangat di sekitar kepala Anda untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam.
  • Mandi dan cuci dengan sampo dan kondisioner untuk membersihkan kepala Anda.
  • Oleskan balsem aftershave untuk menenangkan dan melembabkan kulit Anda.

Cara Menjaga Kepala Botak Anda Halus

Seberapa Sering Anda Harus Mencukur Kepala?

Mencukur kepala secara teratur penting untuk menjaga kepala botak tetap halus. Anda perlu mencukur kepala Anda 1 hingga 2 kali per minggu untuk tampilan yang dicukur bersih. Jika Anda tidak keberatan dengan janggut, Anda dapat mencukur lebih jarang dan tetap menjaganya tetap bersih dengan mencuci biasa. Setelah bercukur, pastikan untuk mencuci kepala dengan sampo dan kondisioner untuk membersihkan kulit kepala. Untuk perawatan kulit kepala dan kulit yang tepat, oleskan losion atau pelembab berkualitas untuk memastikan hidrasi yang akan menjaga kesehatan kepala Anda.

Seberapa Sering Anda Harus Mencukur Kepala?

Cara Tetap Botak Tanpa Mencukur

Lilin Kepala Anda

Meskipun tidak sepenuhnya permanen, waxing berlangsung lebih lama dari sekadar mencukur rambut Anda. Meskipun prosesnya menyakitkan, mencabut rambut sampai ke akarnya, menawarkan cara untuk tetap botak lebih lama. Bahkan ketika rambut akhirnya tumbuh kembali, itu akan jauh lebih tidak terlihat dan kasar. Jika Anda lelah bercukur secara konsisten dan memiliki toleransi rasa sakit yang tinggi, maka ini mungkin pilihan untuk Anda. Beberapa pria mengalami kemerahan dan iritasi, jadi hindari waxing sebelum acara sosial atau acara penting.

Cara Tetap Botak Tanpa Mencukur

Elektrolisa

Jika kebotakan adalah keputusan permanen, maka elektrolisis mungkin cocok untuk Anda. Tidak seperti perawatan laser, elektrolisis disetujui FDA, dan memiliki sedikit efek samping, jika ada. Perawatan ini melibatkan aliran arus listrik ringan melalui folikel rambut, yang secara efektif membunuhnya. Produk yang dijual bebas untuk ini memang ada, tetapi ada baiknya pergi ke dokter kulit profesional untuk menyelesaikannya.

Karena elektrolisis adalah prosedur elektif, asuransi tidak akan menanggungnya. Setiap janji temu 30 menit berharga $45, tetapi ini dapat bertambah dengan cepat. Banyak sesi diperlukan untuk hasil yang benar-benar permanen, dan kebanyakan pasien biasanya membuat janji temu setiap dua minggu.

Jaga agar Kepala Anda Tercukur

Krim penghilang rambut

Jika Anda menginginkan cara perawatan yang rendah untuk menjaga kepala botak Anda, maka krim penghilang rambut layak untuk dicoba. Namun, dengan semua krim penghilang bulu, penting untuk mengujinya di area lain untuk melihat bagaimana reaksi kulit Anda. Kulit setiap orang berbeda dan menggunakan produk yang salah berpotensi menyebabkan lebih banyak iritasi daripada mencukur. Setelah Anda memilih produk yang tepat, cukup oleskan ke kepala Anda dan tunggu. Kebanyakan krim berlaku dalam 10 menit dan bertahan dua sampai tiga hari.

Menjaga Kepala Botak Halus

Perawatan Laser

Laser hair removal adalah pilihan semi permanen jika Anda ingin mempertahankan kepala botak tanpa mencukur. Selama beberapa sesi, itu akan secara drastis memperlambat pertumbuhan rambut, meskipun tidak akan pernah benar-benar menghentikannya. Untuk pria dengan kulit yang lebih sensitif, perawatan ini mungkin bukan cara terbaik. Efek samping yang paling umum melibatkan beberapa derajat kemerahan dan nyeri di sekitar area perawatan. Warna kulit dan warna rambut juga merupakan faktor besar, karena laser hair removal bekerja jauh lebih baik pada mereka yang memiliki kulit lebih terang dan rambut lebih gelap.

Perawatan laser membutuhkan antara lima dan sepuluh sesi awal, dengan satu atau dua sesi tindak lanjut setiap tahun sesudahnya. Karena ini berkisar antara $200 dan $400 per sesi, biayanya bisa bertambah. Sebelum mempertimbangkan opsi ini, setiap calon pasien harus berkonsultasi dengan teknisi perawatan laser untuk menilai efektivitasnya secara lebih akurat bagi mereka.

Tips Mencukur Kepala