Inspirasi Cara Menggunakan Gunting Rambut Untuk Memotong Rambut Pria (Panduan Pemula)

Jika Anda memotong rambut pria, Anda perlu membeli gunting rambut dan mempelajari cara menggunakannya. Banyak pria sudah mulai memotong rambut sendiri di rumah. Dari menghemat waktu dan uang hingga bisa memangkas secara teratur, belajar memotong rambut dengan gunting menawarkan banyak manfaat. Meskipun memotong rambut mungkin terdengar menantang bagi pemula, menggunakan gunting itu mudah dengan sedikit latihan, kesabaran, dan pengetahuan tentang dasar-dasarnya. Gunting listrik yang tepat nyaman, kuat, dan tahan lama, memungkinkan mesin meluncur dengan mudah melalui rambut Anda untuk potongan rambut DIY cepat. Apakah Anda membuat kepala Anda pusing atau memudarkan sisi dan punggung Anda, panduan pemula ini akan membantu Anda menggunakan gunting rambut untuk memotong rambut untuk gaya rambut yang terlihat profesional.

Gunting Rambut Terbaik Untuk Pemula

Jika Anda akan mulai memotong rambut di rumah, berinvestasi pada gunting yang tepat sangat penting untuk mendapatkan potongan rambut yang bagus. Gunting rambut untuk pemula mudah digunakan, cukup kuat untuk memotong semua jenis rambut dan dilengkapi dengan satu set pelindung yang lengkap.

Pemotong yang terjangkau dapat dijalin dengan tali atau tanpa kabel, tetapi kami menyarankan Anda mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk mendapatkan mesin dari salah satu merek teratas seperti Wahl, Andis, dan Babyliss Pro.

Gunting rambut terbaik untuk pemula adalah Wahl Elite Pro High Performance Haircut Kit, Wahl Lithium-Ion Cordless Hair Clippers, dan Wahl Color Pro.

Gunting Rambut Terbaik Untuk Pemula

Wahl Elite Pro

Sebagai salah satu gunting rambut Wahl paling populer di pasaran, Elite Pro Home Haircut Kit menawarkan keseimbangan yang sangat baik antara kinerja dan nilai. Dengan bilah baja antikarat yang tajam dan motor yang kuat, pemotong kabel ini akan memotong semua jenis rambut dengan mudah.

Pisau yang mengasah sendiri tahan lama dan kit ini dilengkapi dengan satu set pelindung lengkap untuk semua panjang rambut. Sisir akan berguna jika Anda menginginkan potongan dengung atau kru di bagian atas, atau jika Anda ingin memudarkan bagian belakang dan samping.

Dengan garansi seumur hidup, Anda dapat mempercayai bahwa Wahl Elite Pro akan bertahan selama bertahun-tahun dan terus berkinerja pada tingkat tinggi.

Gunting Nirkabel Wahl Lithium-Ion

Wahl Lithium-Ion Cordless Clipper Kit adalah pilihan yang sempurna untuk pria yang ingin mulai memotong rambut di rumah. Terjangkau dan mudah digunakan, gunting rambut tanpa kabel ini dibuat dengan pisau menajam sendiri premium. Dikombinasikan dengan motor tugas berat yang menawarkan kemampuan memotong yang sangat baik, mesin ini akan meluncur di rambut Anda tanpa tersangkut atau tersangkut.

Tuas lancip di samping membuat mesin ini bagus untuk potongan rambut pudar, potongan buzz, dan gaya rambut pendek lainnya.

Baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang menawarkan waktu pengoperasian 2 jam dengan sekali pengisian daya dan dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 15 menit. Kit potong rambut lengkap ini dilengkapi dengan 12 pelindung kokoh yang memungkinkan Anda mendapatkan potongan rambut apa pun yang Anda inginkan.

Untuk kombinasi kenyamanan, kemudahan, dan kekuatan, Anda tidak bisa salah dengan Clippers Tanpa Kabel Wahl ini.

Wahl Warna Pro

Wahl Color Pro adalah model hebat lainnya untuk digunakan di rumah. Gunting tanpa kabel ini dilengkapi dengan pisau baja tahan karat yang dapat diasah sendiri yang dapat dilepas dan dicuci. Murah dan andal, mesin ini ditenagai oleh motor yang andal dan baterai isi ulang NiMH dengan waktu pengoperasian 60 menit.

Saat memilih panjang rambut Anda, perusahaan membuatnya sederhana dengan memberi kode warna pada penjaga. Sisir ini menempel dengan pas ke mesin dan menyertakan nomor dan panjang potongan rambut untuk menghindari kebingungan.

Sebagai gunting rambut murah terbaik yang akan Anda temukan, Wahl Color Pro adalah produk berkualitas dari merek tepercaya yang akan membantu Anda memotong rambut tanpa masalah.

Cara Menggunakan Gunting Rambut

Saat menggunakan gunting rambut untuk pertama kalinya, Anda pasti ingin menghabiskan waktu menangani mesin dan membiasakan diri dengan fitur-fiturnya. Mulailah dengan mengambil produk, memegangnya di tangan Anda untuk merasakan beratnya, dan bereksperimen dengan berbagai pegangan untuk menemukan yang paling nyaman. Nyalakan dan matikan untuk mendengar suara mendengung sehingga Anda tahu seberapa senyap atau kerasnya suara saat Anda menggunakannya.

Jika Anda berencana untuk memudarkan rambut Anda, melapisi potongan Anda, atau memangkas panjang yang berbeda, temukan sisir yang tepat dan tempelkan ke gunting Anda untuk memastikannya pas dengan aman. Untuk pria dengan gunting tanpa kabel, pastikan untuk mengisi penuh alat sebelum memotong rambut Anda.

Cara Memotong Rambut dengan Gunting

Saat menggunakan gunting untuk memotong rambut, Anda harus mengingat tip dan trik ini:

  1. Mulailah dengan rambut yang bersih dan dicuci sebelum dipotong.
  2. Pastikan rambut Anda kering atau sedikit lembab untuk menghindari pemangkasan terlalu pendek.
  3. Mulailah dengan ukuran pelindung untuk rambut yang lebih panjang dan pendekkan, jika perlu.
  4. Selalu gunakan gunting elektrik untuk memotong rambut melawan arah tumbuhnya.
  5. Dengan tangan yang stabil dan tekanan yang ringan, jalankan mesin ke samping dan ke belakang.
  6. Jaga agar gunting tetap sejajar dengan kepala dan potong area yang sama beberapa kali untuk mendapatkan panjang yang rata.
  7. Saat memotong rambut di bagian atas, mulailah dengan bagian depan dan lanjutkan ke bagian belakang kepala.
  8. Gunakan pemangkas untuk membersihkan garis rambut di sekitar cambang, telinga, dan leher Anda.
  9. Cuci rambut Anda dan periksa potongan rambut Anda.

Cara Memotong Rambut Pria dengan Gunting

Langkah 1

Sebelum mulai memotong rambut, Anda harus memutuskan panjangnya. Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan gunting, kami sarankan Anda menggunakan pelindung yang sedikit lebih panjang dari panjang rambut yang Anda inginkan. Ini akan memberi Anda penyangga untuk kesalahan dan menghentikan Anda memotong rambut terlalu pendek.

Angka 3 atau 4 adalah panjang yang bagus untuk potongan buzz, dan angka 7 atau 8 bisa cukup panjang untuk potongan kru.

Berikut adalah nomor dan ukuran penjaga:

  • Nomor 1 – seperdelapan inci
  • Nomor 2 – seperempat inci
  • Nomor 3 – tiga perdelapan inci
  • Nomor 4 – setengah inci
  • Nomor 5 – lima per delapan inci
  • Nomor 6 – tiga perempat inci
  • Nomor 7 – tujuh per delapan inci
  • Nomor 8 – satu inci

Anda selalu dapat memotong lebih pendek jika perlu, tetapi Anda tidak dapat menumbuhkan kembali rambut Anda. Selalu pastikan Anda memiliki sisir yang tepat sebelum Anda mulai memangkas.

Cara Memotong Rambut Pria dengan Gunting

Langkah 2

Tukang cukur profesional selalu memulai dengan mendengungkan bagian samping. Mulailah dari bawah, letakkan gunting di sisi kepala Anda, dan potong rambut Anda melawan arah pertumbuhan. Jalankan mesin ke samping dan jentikkan pergelangan tangan Anda ke atas saat Anda mencapai ujung area yang ingin Anda jepit.

Lewati bagian yang sama beberapa kali untuk memastikan potongan yang rata saat Anda mengerjakan bagian belakang kepala. Ketika satu sisi selesai, beralih ke sisi lain dan lanjutkan prosesnya. Pastikan untuk menarik telinga ke bawah dan bekerja di sekitar garis rambut.

Jika Anda akan menggunakan panjang yang sama di seluruh kepala, Anda dapat terus menggunakan gunting untuk memotong rambut di bagian atas. Untuk memudarkan sisi dan belakang, pasang pelindung yang sedikit lebih pendek dan ikuti proses yang sama, kecuali sekarang Anda hanya ingin mulai memangkas lebih jauh ke samping. Ingatlah untuk mengibaskan pergelangan tangan Anda dan biarkan sisir menyatu dengan rambut Anda secara bertahap.

Cara Menggunakan Gunting Untuk Memotong Rambut

Langkah 3

Ketika Anda selesai dengan sisi, saatnya untuk pindah ke belakang. Saat memotong rambut di bagian belakang, mulailah dari pangkal leher dan dorong gunting ke atas kepala. Jauhkan mesin bahkan dengan kulit kepala Anda untuk memaksimalkan jumlah rambut yang digiling. Jika perlu, hentikan secara konsisten dan tinjau area tersebut dengan cermin. Tujuannya adalah agar bagian belakang sesuai dengan panjang dan lancip.

Cara Memotong Rambut Pria dengan Gunting Untuk Pemula

Langkah 4

Saat memotong rambut di bagian atas kepala, mulailah dari bagian depan kepala (dekat dahi) dan jalankan gunting listrik Anda ke bagian belakang. Untuk membuat transisi yang mulus, Anda akan menginginkan rambut pendek di sisi dengan rambut yang lebih panjang di atas, jadi gunakan ukuran pelindung yang sesuai untuk potongan yang tepat. Gaya rambut yang lebih panjang juga cocok untuk pria dengan rambut menipis, garis rambut surut, dan bintik-bintik botak.

Saat memeriksa potongan rambut yang rata, gunakan sisir untuk menyisir rambut ke arah yang sama. Untuk area dengan rambut kasar tebal yang sulit dipotong dengan gunting, pertimbangkan untuk menggunakan gunting.

Memotong Rambut dengan Gunting

Langkah 5

Terakhir, Anda harus membersihkan garis rambut dengan pemangkas. Gunakan pemangkas rambut berkualitas untuk mencukur garis leher, memangkas di sekitar telinga dan dahi, dan menata cambang agar terlihat segar. Anda juga dapat mencapai ini dengan menggunakan gunting tanpa pelindung.

Dengan waktu dan fokus, Anda dapat belajar memotong rambut dengan gunting dan membuat potongan rambut yang terlihat sama bagusnya dengan yang Anda dapatkan di barbershop. Saat bereksperimen dengan memotong rambut di rumah, pastikan Anda berinvestasi dalam gunting rambut terbaik yang Anda mampu. Mesin berkualitas tinggi akan memudahkan Anda mendapatkan potongan rambut yang bagus dan akan menghemat uang Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.