Bagaimana Memperbaiki Website WordPress yang Lambat?

0
(0)

Kecepatan dan kinerja situs web dan halaman web sangat penting dalam hal SEO-nya. Situs web yang lebih cepat kemungkinan akan mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Itu juga cenderung mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan tampilan web. Untuk situs web bisnis, ini secara langsung berarti peningkatan omset dan jangkauan yang lebih baik.

Kecepatan sebuah situs web dianggap oleh Google sebagai salah satu parameter peringkat terpenting. Selain itu, kecepatan situs web juga memengaruhi pengalaman penggunanya. Ini dapat mempengaruhi apakah pengunjung akan mengunjungi situs web lagi atau tidak.

Masalah dengan Situs WordPress: WordPress adalah sistem manajemen konten gratis dan bersumber terbuka yang memungkinkan Anda membuat situs web dengan beberapa langkah mudah. Tetapi ada beberapa masalah umum yang sering dihadapi oleh pemilik situs WordPress. Ini adalah:

  • WordPress terjebak dalam mode pemeliharaan
  • Kesalahan kehabisan memori WordPress
  • Facebook dan Instagram menyematkan masalah yang melanggar
  • Masalah server internal
  • Masalah pengunggahan gambar
  • Kesalahan waktu koneksi habis
  • Situs WordPress lambat

Semua kesalahan dan masalah ini memengaruhi kinerja situs web. Dan, semua ini dapat diselesaikan dengan menggunakan metode yang berbeda. Sementara semua masalah ini memengaruhi kinerja situs web dengan berbagai cara berbeda, kecepatan lambat paling memengaruhi pengalaman pengguna.

Mengapa situs WordPress saya lambat: Mari kita pahami apa yang bisa menjadi alasan berbeda untuk situs WordPress yang lambat. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti:

  • Javascript atau CSS yang Sangat Panjang (Cascading Style Sheets): Lembar gaya berjenjang dijalankan ke beberapa halaman yang berisi kode panjang. Kode-kode ini penting karena mereka mengatur nada, font, warna, menu, header, dll dari situs. Namun, CSS juga berisi informasi lain seperti jeda baris dan spasi tambahan. Ini dapat membebani kecepatan situs.
  • Ada Terlalu Banyak Plugin: WordPress menawarkan berbagai plugin gratis. Namun, menggunakan terlalu banyak plugin secara bersamaan dapat menambah waktu pemuatan situs.
  • Gambar di Situs Web tidak Dioptimalkan: Menggunakan gambar yang dioptimalkan ke ukuran yang akurat penting untuk menjaga kinerja situs. Menggunakan gambar berukuran besar dapat memperlambat pemuatan dan kinerja situs di perangkat seluler dan desktop.
  • WordPress atau PHP Sudah Kedaluwarsa: Menggunakan WordPress atau PHP yang sudah ketinggalan zaman dapat merusak kode situs web, tema, dan plugin. Menggunakan PHP terbaru dapat membantu meningkatkan kecepatan situs karena ini adalah bahasa pemrograman utama untuk WordPress.
  • Respons server lambat: Layanan hosting web untuk situs Anda juga dapat memengaruhi kecepatan situs. Jika Anda menggunakan server hosting bersama yang menghosting banyak situs web secara bersamaan, maka situs web Anda kemungkinan akan berada di sisi yang lebih lambat.

Perbaiki situs WordPress yang lambat: Jika situs WordPress Anda mengalami penurunan kecepatan, coba atasi masalah dan perbaiki dengan tips berikut.

  • Optimalkan gambar di situs web Anda: Gambar besar dapat merusak kinerja situs web Anda, terutama di perangkat seluler. Pastikan Anda menggunakan format gambar yang benar. Gambar JPG dapat dengan mudah diubah ukurannya dan dikompresi tanpa mempengaruhi kualitasnya, tetapi gambar tersebut bersifat lossy. PNG lossless dan karenanya dapat dengan mudah digunakan untuk infografis, desain grafis, atau logo. WebP, format yang disediakan oleh Google, menawarkan opsi lossy dan lossless.
    Kompres gambar menggunakan kompresi lossless, Anda dapat mengompres gambar hingga 70 hingga 80% dari kualitas gambar. Anda dapat mengatur pengoptimalan gambar dengan autopilot, yang Anda perlukan hanyalah plugin yang bagus. Beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk optimasi gambar adalah Optimole, ShortPixel, dan Smush.
  • Optimalkan CSS atau Javascript: Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, CSS situs memiliki kode yang sangat penting untuk tampilan dan kinerja situs. Tetapi juga memiliki jeda baris, komentar, dan spasi yang dapat menambah kecepatan pemuatan situs. Dengan memuat CSS secara asinkron, kita dapat mempercepat pemuatan situs web.
    Ada berbagai plugin seperti Speed ​​up, Autooptitmise, WP Rocket, dll., yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan CSS secara efektif. Ini dapat membantu secara signifikan dalam meningkatkan tema situs web bersama dengan kinerjanya.
  • Gunakan layanan hosting yang bagus: Hosting virtual atau server hosting bersama menampung banyak situs web secara bersamaan dan sering dipilih oleh sebagian besar situs web WordPress. Meskipun ini bagus pada tahap awal, karena situs web memperoleh lalu lintas, kecepatannya dapat dipengaruhi olehnya. Selain itu, karena ada situs web lain di server yang sama dengan Anda, semakin banyak lalu lintas yang dimiliki situs tersebut, semakin besar pengaruhnya terhadap kinerja situs web Anda. Oleh karena itu, berinvestasi dalam host berkualitas tinggi seiring pertumbuhan situs web Anda sangat penting.
    Ada beberapa layanan hosting berkualitas baik seperti Cloudways, Siteground, WPX Hosting, dll., yang dapat Anda pertimbangkan untuk menghosting situs web Anda.
  • Gunakan plugin caching: Caching mengacu pada proses menyimpan salinan data situs web di lokasi penyimpanan sementara. Caching dapat menyimpan konten statis dan dinamis yang dapat mempercepat waktu loading website Anda. Jadi, ketika pengguna mengunjungi situs web Anda, konten statis yang disimpan dalam cache akan ditampilkan saat sisa situs dimuat. Melakukannya meningkatkan kecepatan mengakses file-file ini, sehingga mengurangi waktu pemuatan situs web. Beberapa alat dapat digunakan oleh siapa saja, terlepas dari tingkat pengetahuan tentang pengkodean. Menambahkan plugin caching seperti W3 Total Cache, WP Rocket dan Sucuri Firewall dapat membantu mempercepat situs secara signifikan.
  • Gunakan Jaringan Pengiriman Konten: Jaringan pengiriman konten adalah jaringan server proxy yang terdistribusi secara geografis yang dapat mempercepat situs WordPress secara luar biasa. Jaringan Pengiriman Konten atau CDN menyimpan konten internet seperti halaman web dan gambar ke server yang paling dekat dengan lokasi pengguna. Hal ini membuat distribusi konten lebih cepat dan lebih mudah.
    Menggunakan CDN untuk situs WordPress Anda dapat membantu Anda mengurangi jarak antara pengguna dan server situs web Anda.

Ada berbagai layanan CDN yang bisa Anda pertimbangkan seperti StackPath, Sucuri, KeyCDN, Amazon CloudFront, dan Cloudflare. CDN mengurangi waktu pemuatan situs web, yang pada gilirannya meningkatkan kinerja situs web secara keseluruhan. Ini juga mengoptimalkan situs web untuk SEO, sehingga meningkatkan peringkat situs web di halaman hasil mesin pencari. CDN meningkatkan pengalaman pengguna dan menambah keamanan situs web.

Kesimpulan: Ada berbagai metode ampuh untuk mempercepat situs WordPress. Untuk mengetahui mana yang akan memberi Anda hasil terbaik, penting untuk mengetahui penyebab yang mendasari lambatnya kecepatan situs web. Untuk menjaga konsistensi kinerja situs Anda, pastikan untuk menggunakan PHP yang diperbarui dan optimalkan situs secara teratur.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/breatgem/widiyanata.com/wp-includes/functions.php on line 4755