Bagaimana Dogecoin Bertahan Sejauh Ini?

0
(0)

Cryptocurrency memulai awal yang baik di tahun baru ini. Bitcoin dan Ethereum sama-sama mencetak rekor harga tertinggi sepanjang masa. Pemain top dalam cryptocurrency selalu menjadi sorotan, tetapi kami tidak dapat mengatakan bahwa mereka telah menaungi altcoin lainnya.

Sama seperti bagian atas dawgs di crypto, altcoin lain juga melihat keuntungan tinggi. Beberapa telah mengalami kenaikan besar-besaran selama beberapa bulan terakhir. Salah satu altcoin semacam itu mungkin bukan pesaing terbesar dalam keuangan terdesentralisasi, tetapi tentu saja salah satu yang telah memenangkan hati banyak pengguna kripto — Dogecoin.

Diluncurkan pada Desember 2013, token Dogecoin ditempatkan sebagai opsi yang menyenangkan dan sederhana untuk membahas cryptocurrency. Pembuatnya berangkat untuk membawa lebih banyak orang ke crypto, untuk menunjukkan kepada mereka bahwa itu adalah investasi yang bagus dan mudah digunakan.

Apa itu Dogecoin?

Mari bertemu Dogecoin — Meme, Mitos, Legenda. Salah satu hal paling keren yang datang dari internet adalah pemberian meme. Ini adalah humor milenium yang terbaik. Doge adalah salah satu meme paling populer di luar sana. Ini adalah gambar Shiba Inu Jepang.

Meme itu terdiri dari gambar Shiba Inu yang dikelilingi oleh teks berwarna yang membuat komentar konyol dan sehat. Meme Doge ini adalah Shiba Inu yang sama yang menghiasi wajah Dogecoin (DOGE).

Terkenal, meme adalah tempat koin mendapatkan namanya. Awalnya, koin itu dibuat sebagai lelucon untuk mengejek Bitcoin saat pertama kali diluncurkan. Namun, pada akhirnya, Dogecoin menerima banyak perhatian dan akhirnya melangkah ke alas sebagai cryptocurrency yang benar-benar kredibel.

Bagaimana Dogecoin muncul?

Pada bulan Desember 2013, seorang manajer produk Adobe bernama Jackson Palmer menciptakan Dogecoin. Dia melakukannya dengan niat membuat lelucon sarkastik. Dia terkejut dengan jumlah perhatian yang didapat koinnya. Di tengah hype, dia membeli domain untuk dogecoin.com.

Pada saat yang sama, seorang pengembang perangkat lunak bernama Billy Markus menemukan sensasi viral. Dia tertarik dengan daya tarik yang diperoleh Dogecoin dan segera menghubungi Palmer. Keduanya kemudian memutuskan untuk mulai membuat perangkat lunak sebenarnya untuk Dogecoin.

Pada 6 Desember 2013, Dogecoin resmi diluncurkan. Beberapa minggu setelahnya, China membuat keputusan untuk melarang perdagangan crypto. Hal ini membuat para pedagang berinvestasi di Dogecoin daripada Bitcoin karena mereka melihat ini sebagai opsi yang lebih aman. Akibatnya, Dogecoin melihat peningkatan besar dalam nilai harga, naik 300% hanya dalam 72 jam.

Jackson Palmer mengundurkan diri dari permainan crypto pada tahun 2015. Dia memutuskan untuk mengambil cuti panjang, mengklaim bahwa bidang crypto terlalu beracun. Setelah ini, DOGE tetap bertahan berkat para pengguna setianya. Komunitas ini terdiri dari anggota berhati ringan yang percaya pada prinsip-prinsip asli DOGE.

Dogecoin secara resmi memulai debutnya sebagai koin yang bagus, menyenangkan, mudah dipahami yang dibuat untuk siapa saja — tidak seperti aura yang terlalu teknis, kasar, dan membosankan yang mengelilingi Bitcoin. Jadi, komunitas Dogecoin tumbuh lebih besar dan dukungan untuk koin meningkat. Koin, pada gilirannya, mendukung banyak badan amal. Kita akan membahasnya segera setelah kita memahami cara kerja Dogecoin.

Bagaimana cara kerjanya?

Dogecoin adalah cryptocurrency open-source peer-to-peer. Ini disebut sebagai mata uang internet karena terutama digunakan untuk memberi tip. Jika seseorang menghargai sepotong konten di internet, mereka dapat mengirim hadiah pencipta asli. Dogecoin akan diberikan sebagai hadiah untuk apa pun yang menghibur pemiliknya. Bahkan komentar lucu dapat menghasilkan DOGE sebagai tip yang bijaksana.

Litecoin muncul dari garpu di blockchain Bitcoin. Demikian juga, blockchain Dogecoin berasal dari garpu di blockchain Luckycoin; yang berasal dari garpu di Litecoin. Oleh karena itu, Dogecoin menggunakan algoritma Proof-of-Work untuk memproses transaksinya.

Namun, transaksinya jauh lebih cepat daripada Bitcoin berkat metode scrypt Litecoin untuk menambang. Penambang di blockchain Dogecoin tidak dapat menggunakan peralatan penambangan SHA-256 seperti Bitcoin. Sebagai gantinya, mereka menggunakan perangkat ASIC dan FPGA khusus.

Saat ini, Dogecoin memegang kapitalisasi pasar total $1,317.313,178. Dogecoin bukanlah koin yang terbatas seperti Bitcoin dan Bitcoin Cash. Ini adalah koin inflasi, membuatnya serbaguna dan memberikan gambaran yang menarik bagi pembeli dan penambang baru. Nilai harga terbesar Dogecoin hingga saat ini adalah pada Januari 2018 di $0,01758.

Apa yang bisa Dogecoin lakukan?

Dogecoin dapat melakukan banyak hal yang dapat dilakukan Altcoin lain. Misalnya, Dogecoin dapat membeli produk dan membayar layanan. Mereka juga dapat dibeli dan disimpan di dompet kripto. Dogecoin yang ditambang dapat diperdagangkan untuk mata uang kripto lainnya di bursa kripto tertentu.

Beberapa pemegang Dogecoin membeli Dogecoin dalam jumlah besar dan kemudian menjualnya di bursa setelah koin melihat kenaikan yang signifikan. Ini adalah cara yang rapi dan nyaman untuk menghasilkan sedikit keuntungan. Komunitas juga cenderung menyumbangkan sebagian besar keuntungannya untuk amal. Sementara Bitcoin dibuat dengan visi besar, Dogecoin memiliki visi yang lebih lembut.

Dogecoin dimaksudkan untuk digunakan oleh rata-rata joe. Oleh karena itu, salah satu kegunaan terbesarnya adalah sebagai mata uang internet untuk tip. Melihat komentar Reddit yang lucu menerima Dogecoin karena humor mereka benar-benar menunjukkan semangat filosofi Dogecoin. Penulis dan seniman di internet diberi tip dengan Dogecoin untuk karya mereka yang mengesankan.

Apa yang telah dicapai Dogecoin?

Pada puncak kesuksesannya, Dogecoin menyumbangkan jutaan koin untuk proyek-proyek kemanusiaan dan dana bantuan dalam jangkauan global. Koin memperoleh semacam status ‘Selebriti’. Komunitas Dogecoin mendanai beberapa sumbangan amal yang signifikan.

Komunitas mendirikan Dogecoin Foundation untuk memberikan platform kepada anggotanya untuk menguatkan ide. Mereka bertujuan untuk mempromosikan koin dengan memberikan bantuan di mana saja di dunia saat dibutuhkan. Mereka percaya bahwa Dogecoin akan menyalurkan niat baik secara terbuka untuk lebih membangun status mereka sebagai koin yang ramah untuk semua orang.

Tindakan amal pertama mereka datang selama Olimpiade Musim Dingin 2014. Pada 19 Januari, Dogecoin membuat kampanye penggalangan dana. Komunitas secara kolektif mengumpulkan $50.000 untuk tim Bobsled Jamaika. Tim tersebut telah lolos ke Olimpiade Musim Dingin Sochi tetapi sayangnya tidak mampu membayar perjalanan tersebut. Untungnya bagi mereka, Dogecoin turun tangan.

Atlet Jamaika bukan satu-satunya yang menerima bantuan Dogecoin di Olimpiade Musim Dingin Sochi. Atlet India Shiva Keshavan juga mengalami kesulitan serupa. Komunitas Dogecoin mengumpulkan koin untuk mengumpulkan total $6.000 untuk membantu membawanya ke Sochi.

Proyek keajaiban Dogecoin berikutnya adalah Doge4Water. Setelah keberhasilan sumbangan Olimpiade Musim Dingin, Yayasan Dogecoin mulai mengumpulkan dana untuk membangun sumur di Kenya untuk menghormati Hari Air Sedunia.

Lebih khusus lagi, ia bekerja sama dengan organisasi nirlaba bernama Charity: Water, untuk menyediakan air minum di DAS Tana. Proyek ini sukses besar, sumbangan datang dari lebih dari 4.000 donor. Proyek ini mengumpulkan total 40.000.000 Dogecoin. Pada saat itu, jumlahnya mencapai $ 30.000.

Donasi penting lainnya dari Dogecoin terjadi pada 25 Maret 2014 dengan NASCAR. Komunitas mengumpulkan total 67,8 juta Dogecoin untuk mensponsori pengemudi NASCAR Josh Wise. Itu total $55.000. Sumbangan ini, mendanai mobil balapnya, Moonrocket #98.

Moonrocket #98 memulai debutnya pada 4 Mei 2014 di Aarons 499 Sprint Series Cup Race. Mobil balap itu masing-masing memakai nama dan simbol Dogecoin di sisi dan belakangnya. Ini adalah momen besar bagi Dogecoin saat pembawa acara membahas upaya amal Dogecoin sementara #98 Moonrocket menghiasi layar lebar.

Josh Wise kemudian memenangkan tempat di Sprint All-Star Race melalui voting penggemar online. Ini semua berkat dukungan komunitas Dogecoin. Wise terus menggunakan mobil balap di beberapa balapan lagi untuk menunjukkan rasa terima kasihnya kepada Dogecoin GEICO 500.

Upaya amal NASCAR Dogecoin menerima banyak perhatian. Sedemikian rupa sehingga pengembang video game NASCAR’14, Eutechynx melanjutkan untuk menambahkan mobil Dogecoin ke paket DLC-nya. Gamer dapat menjelajahi jalanan virtual di Moonrocket #98 sebagai mobil balap yang dapat dikendarai.

Upaya berani Dogecoin untuk menyebarkan getaran baik telah menempatkan DOGE di benak kita sebagai sahabat manusia. Meskipun belum ada proyek besar lainnya dari Dogecoin Foundation, komunitasnya masih sangat banyak. Penambang Dogecoin yang setia masih mempertahankan koinnya. DOGE masih melihat bull run kadang-kadang, tertinggi ini biasanya disebabkan oleh beberapa tren baru atau influencer yang mempromosikan koin.

Dogecoin dan Elon Musk

Salah satu influencer terkemuka tersebut adalah Pendiri SpaceX dan CEO Tesla — Elon Musk. Pria yang baru-baru ini menjadi lebih kaya dari Jeff Bezos sendiri. Sejak kedatangan Dogecoin, Elon Musk telah membiarkan kecintaannya pada koin lolos dalam banyak kesempatan.

Satu kunjungan ke halaman Twitter Musk akan membuktikan bahwa kecintaannya pada meme bukanlah rahasia besar. Dia sering membagikan meme di semua tweetnya termasuk yang tentang cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin.

Pada April 2019, komunitas Dogecoin memutuskan untuk memilih CEO baru untuk memimpin mereka. Mereka melakukannya melalui polling di Twitter. Elon Musk menyapu polling, di mana dia menjawab dengan mengatakan – Dogecoin mungkin hanya cryptocurrency favoritnya. Dia secara terbuka menunjukkan persetujuannya terhadap Dogecoin di lebih banyak tweet di akunnya.

Setiap kali Elon Musk men-tweet tentang Dogecoin, nilainya melonjak. Baru-baru ini, pada Desember 2020, DOGE naik hampir 40%. Ini karena Musk mengatakan Bitcoin sama tidak berharganya dengan uang kertas. Dia malah menyoroti DOGE dan bahkan mengubah judul Twitternya menjadi ‘mantan CEO Dogecoin’.

Hampir tidak mungkin membicarakan Dogecoin dan tidak menyebut Elon Musk. Penguasa teknologi sering mengungkapkan kasih sayangnya kepada DOGE dan nilai-nilai sederhananya. Dia bahkan membuat meme yang menyebut mata uang itu keren, dan memposting meme Shiba Inu yang mengatakan ‘Dogecoin rulz’ dengan keterangan terkait seperti ‘anjing rock’.

Di atas segalanya, dia percaya pada kode moral Dogecoin seperti komunitasnya. Pada 18 Juli 2020 di tengah Twitter Hacks dan penipuan Bitcoin, dia men-tweet bahwa Dogecoin tidak bisa dihindari.

Dogecoin dan TikTok

Pada pertengahan tahun 2020, Dogecoin menerima banyak perhatian dan peningkatan nilai berkat video viral di aplikasi media sosial — TikTok. Seorang pengguna mendesak semua pengguna TikTok untuk berinvestasi di DOGE. Dia beralasan bahwa jika 800 juta pengguna TikTok semua membeli beberapa token maka saham pada akhirnya akan naik.

Postingan TikTok mendapat lebih dari 800.000 tampilan dalam seminggu. Video tersebut mendorong pemirsa untuk menginvestasikan $25 dalam koin, terutama saat nilainya masih sangat rendah. Dikatakan bahwa semua investor ini akan memegang 10 ribu dolar ketika koin mencapai nilai $1.

Dogecoin tentu saja turun ke Twitter untuk menarik perhatian pada video tersebut. Ini menyarankan semua pedagang untuk memperhatikan kehati-hatian. Tweet itu mengatakan kepada pemirsa untuk berhati-hati dan membuat keputusan yang tepat. Itu menekankan untuk tidak mengikuti pilihan orang lain.

Namun, berkat video viral, nilai harga DOGE melonjak hingga 35% dan volumenya tumbuh lebih dari 2000% hanya dalam dua hari. Secara keseluruhan, tweet merekomendasikan pedagang mempelajari pasar dan mengambil bimbingan dari spesialis perdagangan. Dan yang terpenting, jangan pernah ikut-ikutan tanpa pengetahuan sebelumnya tentang cara segala sesuatu berjalan di pasar.

Seperti apa masa depan Dogecoin?

Untuk sesuatu yang dimulai sebagai lelucon, Dogecoin telah berkembang pesat. Ini adalah koin dalam misi yang melampaui pembuatan meme epik. Ini menambatkan komunitas yang kuat dan gagah dan pernah memantapkan dirinya sebagai bos amal cryptocurrency. Dan untuk semua nilainya, Dogecoin masih berada di peringkat 50 cryptocurrency teratas di luar sana.

Sama seperti setiap cryptocurrency di luar sana, Dogecoin masih memiliki masa depan yang menarik. Cryptocurrency masih di garis awal mereka, tidak ada yang tahu seberapa jauh mereka bisa melangkah. Dibandingkan dengan koin seperti Bitcoin dan Ethereum, Dogecoin lebih merupakan koin untuk warga biasa daripada untuk jenis bisnis. Jika Bitcoin adalah emas, Dogecoin akan menjadi tembaga.

Beberapa ahli masih percaya DOGE akan mencapai $1 suatu hari nanti. Untuk pedagang baru yang berharap untuk memasuki lapangan tetapi dananya rendah, Dogecoin adalah pilihan yang baik. Selain itu, Dogecoin memiliki penggemar yang sangat setia, pada dasarnya pengikut kultus, yang tidak akan pernah menyerah pada koin.

Apalagi budaya meme sangat kuat, jangan remehkan kekuatannya. Milenial dan Gen Z hampir menyerbu Area 51, pangkalan militer yang dijaga ketat, hanya demi meme! DOGE lahir dari rasa kebersamaan itu dan mungkin akan bertahan lama.

Artikel yang Direkomendasikan

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/breatgem/widiyanata.com/wp-includes/functions.php on line 4755