Bagaimana cara mengoptimalkan situs WordPress?

0
(0)

WordPress adalah kerangka kerja Sistem Manajemen Konten (CMS) sumber terbuka dan gratis. Ini adalah kerangka kerja CMS yang paling banyak digunakan saat ini. Mari kita sekarang memiliki diskusi singkat tentang apa itu CMS dan apa itu WordPress.

Optimalisasi WordPress adalah proses meningkatkan pengaturan WordPress sehingga dapat ditemukan, tersedia dengan mudah, dan dibuka lebih cepat.

Langkah-langkah untuk mengoptimalkan WordPress

Sebelum pergi ke optimasi situs WordPress, kita harus jelas di mana hal-hal yang kita perlu optimasi untuk mengoptimalkan situs WordPress kita. Jadi kita harus mengoptimalkan berikut ini untuk mengoptimalkan situs WordPress kita:

  1. Kecepatan Situs Web
  2. Basis Data
  3. Keamanan

KECEPATAN SITUS WEB: Kecepatan situs web adalah kecepatan yang menentukan seberapa cepat situs web apa pun akan dimuat untuk pertama kalinya di browser. Setelah situs web apa pun dimuat di browser apa pun, ia menyimpan beberapa cache sehingga lain kali ketika pengguna mencoba membuka situs web itu, pemuatan situs web akan memakan waktu lebih sedikit.

Itulah mengapa kecepatan situs web dihitung sebagai kecepatan untuk pertama kali memuat karena pada saat itu tidak ada cache situs web tersebut yang tersedia dengan browser.

Langkah-langkah untuk mengoptimalkan kecepatan situs web:

  1. Pilih Layanan Hosting yang Baik: Selalu pilih paket hosting Anda sesuai dengan rata-rata pengunjung bulanan Anda. Selalu mencoba untuk memiliki pengunjung rata-rata yang diharapkan dengan paket hosting 1,5 kali lebih banyak dari pengunjung bulanan rata-rata yang sebenarnya.
  2. Pilih Plugin Cache yang Baik: Memilih plugin cache yang baik sangat penting karena ketika pengguna mengunjungi situs Anda untuk pertama kalinya dan jika Anda memiliki plugin cache yang bagus maka browser mereka akan menyimpan beberapa cache situs web Anda. Sehingga saat dia membuka situs web Anda, itu akan terbuka lebih cepat dibandingkan dengan yang pertama kali.
  3. Perbarui semuanya tepat waktu: Cobalah untuk memperbarui WordPress setiap saat. Cobalah untuk memperbarui semua plugin dan tema.
  4. Periksa Kecepatan dengan wawasan Google Pagespeed: Selalu periksa kecepatan situs web Anda dengan alat ini dan lakukan instruksi apa pun yang harus Anda lakukan. Sering kali akan menyarankan untuk mengecilkan CSS dan Javascript kemudian mencoba untuk mengecilkan bahwa jika tidak, Anda akan selalu menghadapi konsekuensi.
  5. Kompres Gambar: Ada kebutuhan untuk mengompres semua gambar situs web Anda sehingga Anda dapat meningkatkan kecepatan memuat situs web Anda. Anda perlu menginstal plugin yang diperlukan agar Anda dapat melakukan pekerjaan ini secara efektif.
  6. Kompres Situs Web: Anda juga dapat mengompres situs web Anda dengan menggunakan kompresi GZip. Ini dapat mengurangi ukuran situs web Anda hingga 65%. Ada plugin yang tersedia untuk melakukan ini secara efektif.
  7. Aktifkan Pemuatan Gambar yang Malas: Dalam hal ini, semua gambar halaman web tidak dimuat sekali. Pertama bagian atas gambar halaman web dimuat, kemudian gambar dari bagian tengah dan kemudian dari bagian akhir. Sekarang server membutuhkan waktu lebih sedikit dalam memuat gambar dari bagian atas daripada memuat semua gambar. Ketika gambar dari atas dimuat maka pengguna merasa bahwa halaman web dimuat dan sampai mereka membaca bagian atas maka bagian lainnya akan dimuat.
  8. Hapus plugin yang tidak aktif dan lambat: Coba cari tahu plugin mana yang tidak berfungsi dengan baik dan plugin mana yang bekerja sangat lambat. Setelah itu hapus plugin itu dan instal plugin lainnya. Anda dapat memeriksanya menggunakan plugin bernama “Query Monitor”. Banyaknya plugin yang tidak aktif dapat memperlambat kecepatan loading website Anda.
  9. Gunakan tema Populer dan ringan: Beberapa tema baru ada di pasaran yang mengklaim bahwa ia menyediakan banyak fitur. Tapi jangan pernah terjebak dengan fitur-fitur itu karena itu akan membuat tema itu berat dan akan mengurangi kecepatan situs web Anda. Jadi selalu gunakan tema populer seperti Astra dan GeneratePress.
  10. Hapus konten dan widget yang tidak berguna: Setiap situs web memiliki beberapa konten dan widget yang awalnya berguna tetapi setelah beberapa waktu, menjadi tidak berguna. Jadi segera hapus karena itu juga akan mengambil bagian dalam kecepatan situs web Anda.
  11. 1Coba muat Komentar hanya jika diminta oleh pengguna: Dalam posting tertentu, mungkin ada 500 komentar. Jadi jika Anda memuat semua 500 komentar dengan halaman tersebut maka pemuatan halaman itu akan memakan banyak waktu. Jadi tambahkan tombol “muat komentar” di bawah halaman dan muat halaman tanpa komentar. Jika pengguna meminta untuk memuat komentar maka hanya memuat komentar tersebut.

DATABASE: Basis data sebenarnya adalah penyimpanan data situs web. WordPress menggunakan MySql sebagai sistem manajemen database. Jadi dengan bantuan MySql WordPress melakukan semua pekerjaannya mulai dari pembuatan hingga manipulasi database.

Langkah-langkah Mengoptimalkan Basis Data:

  1. Hapus Komentar Spam: Anda akan melihat banyak orang menambahkan banyak komentar dengan tautan mencurigakan atau dengan tautan untuk mendapatkan keuntungan tautan balik. Namun komentar tersebut akan dihitung sebagai komentar spam dan itu membuat postingan Anda tidak profesional. Jadi cobalah untuk menghapus komentar tersebut dari database sehingga komentar yang baik dapat disorot.
  2. Hapus versi sebelumnya dari file yang disimpan: Database WordPress menyimpan semua perubahan di blog dan posting. Jika karena kesalahan Anda menghapus sesuatu dari file Anda, maka Anda dapat pergi ke versi yang lebih lama dan mengambilnya dari sana.
    Tetapi masalah muncul bahwa setelah beberapa waktu tidak perlu mengedit file itu lagi maka versi yang disimpan sebelumnya akan menggunakan database dan itu tidak ada gunanya sama sekali. Jadi disarankan untuk menghapus semua versi sebelumnya dari file-file yang disimpan jika tidak ada ruang lingkup koreksi.
  3. Akhiri panggilan yang tidak perlu ke Database: Beberapa tema dikodekan dengan buruk, itulah sebabnya ia mengirim panggilan yang tidak memiliki utilitas sama sekali. Ini akan menggunakan database Anda dan tidak akan memberikan manfaat apa pun. Jadi akhiri ini dengan mengambil langkah-langkah yang tepat seperti mengedit basis kode.

KEAMANAN: Di sini Keamanan mengacu pada seberapa aman situs web WordPress Anda dengan upaya masuk paksa, pintu belakang, pengalihan berbahaya, dan kerentanan lainnya.

Langkah-langkah untuk Mengoptimalkan Keamanan:

  1. Tentukan Upaya Masuk dari 1 Alamat Ip: Untuk menghindari peretasan situs web dengan metode brute force, Anda harus menentukan login dari 1 Alamat Ip. Bahkan setelah begitu banyak gagal login, jika seseorang mencoba login itu berarti dia tidak mengetahui kata sandinya atau dia tidak dapat menggunakan opsi lupa kata sandi. Ini berarti orang tersebut adalah seorang hacker yang memasukkan kata sandi acak dengan harapan bahwa itu adalah kata sandi yang benar.
  2. Harus memiliki cadangan situs Anda: Bahkan jika situs Anda diretas dan semua data situs web Anda dihapus, juga jika Anda memiliki cadangan, Anda bisa mendapatkan situs Anda seperti sebelumnya.
  3. Hindari tema dan plugin gratis: Selalu mencoba untuk menghindari tema dan plugin gratis. Bahkan jika Anda tidak memiliki uang untuk berinvestasi dalam tema dan plugin, maka hanya gunakan tema dan plugin gratis oleh pengembang populer yang memiliki peringkat bagus. Jika Anda akan menggunakan tema dan plugin gratis baru, maka ada kemungkinan kode dan plugin itu buruk dan itu akan membuat situs Anda rentan terhadap kerentanan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.