Bagaimana cara membuat situs keanggotaan di WordPress?

0
(0)

Situs web keanggotaan sama seperti situs web lain tetapi memiliki fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan situs web biasa, di sini Anda dapat membatasi pengguna ke konten berbayar dan premium dari situs web Anda dan karenanya meningkatkan pendapatan situs web Anda.

Situs web keanggotaan WordPress memungkinkan pengguna berbayar untuk mengakses area premium situs web Anda seperti kursus berbayar, unduhan, keanggotaan situs web, tim dukungan, dan banyak hal yang tidak akan Anda masukkan ke bagian premium situs web Anda.

Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana kita dapat membuat situs keanggotaan langkah demi langkah.

Apa Keuntungan membuat situs web keanggotaan:

Terkadang Anda ingin mengizinkan hanya pengguna tertentu situs web Anda untuk mengakses konten situs web Anda karena berbagai alasan dan keuntungan. Di sini kita akan melihat beberapa keuntungan utama dari membuat situs web keanggotaan –

  1. Monetisasi situs web: Di situs web keanggotaan Anda bisa mendapatkan uang ketika salah satu pengguna mendaftar ke situs web Anda akan mendapatkan penghasilan berulang dari situs web, ini adalah salah satu metode terbaik untuk mendapatkan uang dari situs web Anda. Ketika seseorang membeli kursus Anda, maka dia akan membayar kursus itu.
  2. Dapatkan pengguna asli: Ketika seseorang mendaftar di situs keanggotaan dan membayar konten, maka dia mungkin benar-benar serius dengan konten tersebut dan menjadi pengguna setia.
  3. Daftar email berkualitas: Ketika pengguna mendaftar ke situs web Anda, maka Anda akan mendapatkan email pengguna yang cenderung responsif dan karenanya Anda akan mendapatkan hasil terbaik dalam strategi pemasaran email Anda.

Mari kita lihat bagaimana kita dapat membuat situs keanggotaan di WordPress dalam langkah-langkah sederhana:

Cara membuat situs keanggotaan di WordPress: Sekarang, mari kita lihat bagaimana kita bisa membuat situs keanggotaan di WordPress menggunakan plugin “Ultimate Member”. Plugin ini sangat populer di pasaran untuk pembuatan website keanggotaan.

Instalasi dan pengaturan Plugin: Mari kita lihat bagaimana kita dapat mengaktifkan dan menginstal plugin keanggotaan

Langkah 1: Buka bagian plugin dan kemudian klik tombol “Tambah Baru” untuk menambahkan plugin.

Langkah 2: Cari “keanggotaan” di kotak pencarian maka plugin pembuat keanggotaan akan muncul di layar dan kemudian klik tombol “Instal Sekarang”.

Langkah 3: Setelah menginstal plugin, klik tombol “Aktifkan” untuk mengaktifkan plugin.

Langkah 4: Plugin membership mulai muncul di dashboard WordPress, klik tombol “Ultimate Member” untuk masuk ke dashboard plugin membership.

Membuat Halaman untuk situs Keanggotaan: Setelah instalasi dan aktivasi plugin “Ultimate Member” disini kita harus membuat halaman untuk keanggotaan dan halaman tersebut adalah halaman User, halaman Login, halaman Register, halaman Anggota, halaman Logout, halaman Account, dan halaman reset Password.

Mari kita lihat apa saja langkah-langkah yang harus kita ikuti untuk membuat halaman-halaman ini:

Langkah 1: Untuk membuat halaman, buka “Halaman” di dasbor WordPress dan kemudian klik tombol “Tambah Baru”.

Langkah 2: Setelah mengklik tombol “Tambah Baru”, jendela pembuatan halaman akan muncul untuk mengetikkan nama halaman yang ingin Anda atur dan kemudian klik tombol “Terbitkan”.

Langkah 3: Akhirnya akan kembali mengklik tombol “Terbitkan” untuk mempublikasikan halaman di situs.

Setelah mengklik tombol “Terbitkan”, halaman Anda akan ditayangkan dan dipublikasikan.

Langkah 4: Ulangi langkah ini untuk membuat halaman lain seperti halaman Login, halaman Daftar, halaman Logout, halaman Akun, dan halaman Reset Password.

Langkah 5: Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menempelkan kode pendek pada setiap halaman yang telah Anda buat di atas agar situs keanggotaan berfungsi dengan baik, tempelkan kode pendek yang terkait dengan halamannya di “Anggota utama”.

Untuk menyalin sampul kode pendek di atas “Anggota Ultimate” dan kemudian klik tombol “Formulir”.

Langkah 6: Salin kode pendek dari halaman yang diberikan.

Langkah 7: Rekatkan kode ini ke halaman kode pendek yang dihormati yaitu halaman pendaftaran.

Setelah memilih metode input kode pendek, rekatkan kode pendek dan klik tombol “Perbarui”.

Setelah mengklik tombol “Perbarui” halaman menjadi diperbarui dengan formulir pendaftaran untuk anggota pengguna baru.

Formulir pendaftaran

Langkah 8: Ikuti langkah 5,6 dan 7 untuk menempelkan kode pendek halaman Login, Profil, dan halaman lainnya juga.

Setelah menempelkan kode pendek, klik tombol “Perbarui”.

Halaman masuk

Ini adalah bagaimana Anda dapat membuat semua halaman yang terkait dengan situs keanggotaan.

Mengatur pengaturan halaman Ultimate Member: Dalam plugin Anggota pamungkas secara default, dibutuhkan halaman default yang sudah dibuat di situs web Anda untuk mengaturnya dengan benar, Anda harus mengaturnya dengan masuk ke pengaturan plugin “Anggota Ultimate”.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaturnya dengan benar:

Langkah 1: Arahkan kursor ke plugin anggota Ultimate di dasbor WordPress lalu klik tombol pengaturan.

Langkah 2: Jendela pengaturan akan muncul di layar pilih halaman yang dibuat sesuai dengan judul halaman yang diberikan.

Pilih semua halaman yang sesuai dengan judul halaman.

Langkah 3: Kemudian klik tombol “Simpan” untuk menyimpan semua perubahan.

Pengaturan Siapa saja dapat mendaftar: Salah satu pengaturan terpenting adalah mengatur agar semua pengguna dapat mendaftar di situs Anda sebagai pelanggan untuk mendapatkan keanggotaan konten premium situs web Anda, untuk melakukan perubahan ini ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Arahkan “Pengaturan” di dasbor WordPress dan kemudian klik pengaturan “Umum”.

Langkah 2: Opsi pengaturan umum akan muncul di layar, kemudian mengatur siapa pun dapat mendaftar di situs dan memilih “Pelanggan” sebagai Peran Default Pengguna Baru.

Langkah 3: Kemudian klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan semua perubahan.

Ini adalah bagaimana Anda dapat membuat situs web WordPress keanggotaan dengan mudah dengan mengikuti semua langkah ini.

Cara Mendaftar dan Masuk: Sekarang situs keanggotaan Anda sudah siap dan semua orang dapat mendaftar di situs web Anda, untuk mendaftar di situs web Anda harus mengikuti langkah-langkah ini –

Langkah 1: Klik tombol daftar di bilah menu situs web dan kemudian isi semua detail di formulir pendaftaran.

Formulir pendaftaran akan muncul di layar dan mengisi semua detail.

Langkah 2: Setelah mengisi semua detail, klik tombol “Daftar” untuk menjadi anggota situs.

Langkah 3: Sekarang Anda dapat masuk ke akun Anda dengan menggunakan ID pengguna dan kata sandi yang telah Anda buat selama proses pendaftaran.

Setelah mengklik tombol login Anda akan mencapai dashboard akun Anda.

Di sini Anda dapat mengubah profil dan foto sampul Anda dan semua pengaturan yang terkait dengan akun Anda akan muncul di dasbor Anda, Ini adalah bagaimana Anda dapat membuat situs web WordPress keanggotaan dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.