Apa itu Widget di WordPress?

0
(0)

Widget adalah elemen modular yang dibuat sebelumnya yang membantu menambahkan fitur khusus ke blog/situs web. Bisa ditambahkan di footer, sidebar, dll.

Area di mana widget akan ditambahkan juga tergantung pada tema yang Anda gunakan. Sebagian besar tema memungkinkan penggunaan widget di footer dan sidebar sedangkan beberapa tema juga memungkinkan penggunaan widget di header dan beranda.

Apakah Plugin dan Widget Sama?

Tidak, Plugin dan widget tidak sama. Terkadang orang memahami widget sebagai plugin tetapi ini tidak benar. Plugin berfungsi di latar belakang sedangkan widget adalah yang dapat dilihat pengguna dan dari mana dapat berinteraksi.

Jadi Anda akan melihat banyak widget di bagian plugin. Jadi memang banyak sekali widget yang bisa kita gunakan sebagai plugin. Tetapi tidak perlu membingungkan mereka. Misalnya, formulir Kontak adalah widget tetapi kami menginstalnya sebagai plugin.

Beberapa Widget Populer WordPress:

  1. Widget Meta: Ini membantu Anda atau siapa pun untuk masuk langsung ke panel kontrol WordPress dari situs web utama.
  2. Widget Daftar Pelanggan Email: Banyak perangkat lunak pemasaran email dapat diintegrasikan dengan WordPress dengan menambahkan beberapa baris kode sederhana. Jadi dengan ini, kita bisa mendapatkan fungsi berlangganan email
  3. Cari Widget: Ini akan menambahkan bilah pencarian ke halaman Anda. Sehingga pengguna dapat mengetikkan judul artikel yang ingin dia cari dan setelah itu, situs web Anda akan menemukannya dan menunjukkannya kepada pengguna.
  4. Widget Penulis: Ini akan menambahkan bagian “Tentang Penulis” di situs web Anda. Sehingga pengguna dapat mengetahui tentang penulis blog tersebut dan dapat terhubung dengan kontennya.
  5. Widget Kalkulator: Ini akan menambahkan kalkulator ke halaman. Pengguna dapat melakukan perhitungan apa pun yang ingin dia lakukan pada kalkulator itu.
  6. Widget Tombol Panggilan: Widget ini membantu Anda menambahkan tombol panggil di situs WordPress Anda sehingga pengguna dapat langsung mengklik tombol itu dan menelepon Anda.
    Salah satu contoh widget jenis ini adalah WP Call Button. Anda dapat menambahkannya dalam posisi lengket sehingga apakah pengguna menggulir ke atas atau ke bawah, tombol ini tetap menempel di salah satu sudut ponsel/Desktop.
  7. Widget Formulir Kontak: Ini akan menambahkan formulir kontak di situs web kami. Sehingga setiap kali pengguna memiliki pertanyaan, dia dapat mengirimkan nama, alamat email, dan kueri mereka. Setelah itu, penulis akan menyelesaikan pertanyaan mereka dan dapat mengiriminya solusi dalam email yang dikirimkan.
  8. Widget jumlah Media Sosial: Widget ini akan menunjukkan berapa banyak jumlah yang Anda miliki di media sosial yang berbeda. Ini berarti akan menunjukkan berapa banyak pelanggan yang Anda miliki di Youtube, berapa banyak pengikut yang Anda miliki di Instagram, Twitter Facebook, LinkedIn, dll.

Berapa batas penambahan widget?

Anda dapat menambahkan jumlah widget yang tidak terbatas tetapi situs web yang berbeda membutuhkan jumlah widget yang berbeda sesuai dengan niche mereka. Jumlah widget sebagian besar bergantung pada niche karena widget menambahkan fungsionalitas ke situs web dan kategori pengguna yang berbeda membutuhkan fungsionalitas yang berbeda. Tapi selalu ingat untuk tidak meletakkan banyak widget di satu tempat atau terlalu memadati halaman dengan widget karena itu akan menarik perhatian pengguna dari konten utama.

Apa saja jenis widget di WordPress?

  1. Widget bawaan: Ini adalah widget yang ada di WordPress dan apa pun tema yang Anda gunakan, layanan mana yang telah Anda beli, Anda tetap dapat menggunakan widget ini.
  2. Widget terintegrasi dengan tema: Ada beberapa widget yang memiliki tema khusus, artinya widget tersebut dilengkapi dengan tema. Tema yang berbeda memiliki jenis widget yang berbeda dalam paket gratis dan berbayarnya, sehingga Anda dapat memilih widget tersebut berdasarkan tema Anda.
  3. Instal widget sebagai plugin: Ada beberapa widget yang juga tersedia di bagian plugin. Anda dapat pergi ke bagian plugin untuk menginstal widget tersebut
  4. Buat widget Anda sendiri menggunakan pengkodean: Ada banyak pengembang yang menggunakan WordPress tetapi mereka tidak mendapatkan widget pilihan yang bagus. Jadi mereka dapat membuat kode dan membuat widget khusus untuk kebutuhan mereka.

Bagaimana cara menggunakan berbagai jenis widget di WordPress?

Nah sekarang kita akan mengerti bagaimana cara menggunakan 4 jenis widget diatas.

Menggunakan Widget Inbuilt”

Langkah 1: Pergi ke tampilan dan kemudian di bagian widget.

Langkah 2: Setelah mengklik widget, Anda dapat melihat semua “widget” di sisi kiri dan “area di mana Anda perlu menambahkan widget” di sisi kanan. Jadi Anda dapat menyeret widget Anda dari sisi kiri dan menjatuhkannya ke area di sisi kanan untuk menambahkan widget itu di area itu.

Menggunakan widget yang terintegrasi dengan tema:

Langkah 1: Di sini Anda juga harus pergi ke tampilan dan kemudian klik widget.

Langkah 2: Sekarang Anda akan melihat widget bawaan. Jadi Anda harus menggulir ke bawah dan kemudian Anda akan melihat widget yang disediakan oleh tema

Langkah 3: Setelah mengklik salah satu widget, Anda akan mendapatkan semua bagian di mana Anda dapat menambahkan widget itu. Jadi pilih salah satu bagian favorit Anda untuk widget itu.

Instal widget sebagai plugin:

Langkah 1: Buka bagian plugin dan klik “Tambah Baru”

Langkah 2: Ketik kotak pencarian di sudut kanan atas dan temukan widget yang Anda butuhkan lalu instal.

Seperti di sini kami mencari widget Penulis karena kami ingin menambahkan bagian “Tentang Penulis” di situs web kami. Jadi kami mendapat opsi yang berbeda dan kami akan menginstal siapa pun dari mereka untuk mendapatkan fungsionalitas yang diperlukan.

Widget sendiri menggunakan Coding:

Langkah 1: Pergi ke tampilan dan kemudian pergi ke bagian tema dan klik pada editor file tema

Langkah 2: Di sisi kanan Anda akan mendapatkan banyak file tema dan di dalamnya pilih “function.php”. Kemudian di bagian terakhir kodenya tambahkan kode widget berkode Anda. Setelah itu klik pada file pembaruan

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.