Apa Itu Uang Bitcoin? – CoinQuora

0
(0)

Jawaban singkat untuk pertanyaan “Apa itu BitcoinCash?” adalah: BCH adalah cryptocurrency yang memotong Bitcoin.

Secara khusus, Bitcoin Cash dimulai pada Agustus 2017 di Blok 478558. Namun demikian, Bitcoin Cash adalah salah satu cryptocurrency teratas yang diperdagangkan di seluruh dunia. Juga, ini mengikuti peta jalan Satoshi Nakamoto dan diadopsi secara global.

Bukti Kerja (PoW) BCH dan Algoritma Penyesuaian Kesulitan (DAA) memungkinkan penambang untuk bermigrasi dari blockchain Bitcoin. Selain itu, BCH telah meningkatkan batas ukuran blok menjadi sekitar 8MB.

Sejarah Bitcoin Cash

Pada tahun 2010, ukuran blok rata-rata pada blockchain Bitcoin kurang dari 100KB. Lebih dari itu, biaya transaksi rata-rata adalah beberapa sen. Ini membuat blockchain rentan terhadap serangan. Namun, untuk mencegah situasi tersebut, Bitcoin telah membatasi ukuran blockchainnya menjadi 1MB.

Pada 2015, ukuran blok rata-rata meningkat menjadi 600 ribu. Pada gilirannya, jumlah transaksi Bitcoin melonjak, menyebabkan penumpukan transaksi yang belum dikonfirmasi. Rata-rata waktu transaksi untuk mengkonfirmasi transaksi juga meningkat.

Namun demikian, pengembang mengusulkan dua solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Solusi pertama adalah meningkatkan ukuran blok rata-rata. Di sisi lain, beberapa menyarankan untuk mengecualikan bagian tertentu dari transaksi untuk menempatkan lebih banyak data di blockchain.

Namun, tim Bitcoin Core memblokir proposal untuk meningkatkan ukuran blok. Sementara itu, koin baru dimulai dengan ukuran blok yang fleksibel. Koin baru tersebut disebut Bitcoin Unlimited. Namun, koin baru berjuang untuk mendapatkan daya tarik, sebagian karena diretas. Selain itu, masyarakat mulai meragukan kelayakan mata uang untuk transaksi sehari-hari.

Peluncuran BCH

Pada Agustus 2017, Bitcoin Cash diluncurkan. Menariknya, semua pemegang Bitcoin menerima jumlah BCH yang setara. Ini memungkinkan mereka untuk menggandakan jumlah koin yang ada. Selain itu, BCH memulai pertukaran crypto dengan harga masing-masing $900 yang mengesankan.

Namun, pertukaran crypto seperti Coinbase dan itBit memboikot Bitcoin Cash. Namun demikian, BCH menerima dukungan penting dari Bitmain, platform penambangan kripto terbesar di dunia. Faktanya, Bitmain memastikan pasokan koin untuk diperdagangkan di bursa kripto ketika Bitcoin Cash diluncurkan.

BCH dan BSV

Pada bulan Desember 2017, harga Bitcoin Cash meroket menjadi $4,091. Anehnya, Bitcoin Cash juga mengalami fork setelah satu tahun. Ini karena alasan yang sama mengapa ia berpisah dari Bitcoin.

Pada November 2018, Bitcoin Cash dibagi menjadi Bitcoin Cash ABC dan Bitcoin Satoshi Vision (SV).

Khususnya, Bitcoin Cash ABC menggunakan klien Bitcoin Cash asli. Namun, ia telah memasukkan berbagai perubahan pada blockchain-nya seperti Rute Pemesanan Transaksi Canonical (CTOR). Ini mengatur ulang transaksi ke urutan tertentu dalam satu blok.

Di sisi lain, Bitcoin Cash SV dipimpin oleh Craig Wright. Dia menolak penggunaan kontrak pintar yang digunakan untuk transaksi pembayaran. Drama sebelum hard fork terbaru sama dengan drama sebelum forking Bitcoin Cash dari Bitcoin pada tahun 2017.

Ketidaksepakatan Lebih Lanjut di 2020

Seolah-olah itu tidak cukup, Bitcoin Cash kembali membuat garpu — kali ini pada tahun 2020. Ini dimulai ketika Bitcoin Cash ABC menyarankan untuk mengalokasikan 8% dari semua BCH yang ditambang untuk para pengembang. Namun, banyak anggota komunitas Bitcoin Cash tidak setuju dengan proposal tersebut. Dengan demikian, mereka membuat grup lain yang disebut Bitcoin Cash Node (BCHN).

Selama hard fork pada 15 November 2020, BCHN mendominasi jaringan, sementara Bitcoin Cash ABC kehilangan dukungan. Akibatnya, komunitas membatalkan saran untuk mendanai pengembang dengan persentase BCH yang baru ditambang tersebut.

Perbedaan Antara Bitcoin dan Bitcoin Cash

Bitcoin Cash dimulai dari penambang dan pengembang bitcoin setelah garpu keras di blockchain Bitcoin. Bitcoin dibatasi oleh waktu pemrosesan transaksi, sebuah masalah yang telah menyebabkan perpecahan antara faksi-faksi dalam penambangan bitcoin dan komunitas berkembang.

Di sisi lain, Bitcoin Cash memproses transaksi lebih cepat daripada jaringan Bitcoin. Ini berarti bahwa waktu tunggu lebih pendek dan biaya pemrosesan lebih rendah. Selain itu, jaringan Bitcoin Cash dapat menangani lebih banyak transaksi per detik daripada jaringan Bitcoin.

Selain itu, ukuran blok maksimum Bitcoin adalah 1MB sementara Bitcoin Cash memiliki 8MB. Juga, beberapa masalah potensial dengan ukuran blok yang lebih besar dengan BCH adalah bahwa keamanan dapat dikompromikan dibandingkan dengan jaringan Bitcoin.

Pada kenyataannya, Bitcoin memungkinkan 250.000 transaksi harian, sedangkan Bitcoin Cash memproses dua juta transaksi. Selanjutnya, Bitcoin memiliki waktu pemrosesan blok rata-rata sepuluh menit.

Bagaimana Cara Membeli Bitcoin Tunai?

Pengguna dapat membeli Bitcoin Cash (BCH) dengan tiga cara berbeda: pembelian langsung, ATM kripto, atau melalui pertukaran mata uang kripto.

Secara khusus, pembeli langsung dapat membeli BCH mereka langsung dari individu (secara langsung) atau melalui web. Selain itu, pembeli BCH yang tertarik juga dapat memeriksa ATM kripto terdekat. Namun, tarif ATM bisa keterlaluan. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa Anda dapat menemukan mitra untuk melakukan pembelian.

Lebih dari itu, cara paling sederhana untuk membeli Bitcoin Cash adalah melalui pertukaran mata uang kripto di mana pengguna dapat memperdagangkan mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum. Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan mata uang lokal mereka untuk membeli BCH.

Selain itu, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih pertukaran, termasuk struktur biaya, volume, reputasi, dan keamanan. Namun, pertukaran adalah target tetap bagi sebagian besar peretas. Dengan demikian, pengguna harus yakin untuk membaca langkah-langkah keamanan.

Selain itu, pengguna harus mengikuti beberapa langkah sebelum membeli BCH melalui pertukaran kripto.

Pertama, pengguna perlu membuat akun dengan nama pengguna dan kata sandi mereka. Kedua, akun pengguna perlu diverifikasi. Terlebih lagi, pengguna perlu memberikan data pribadi mereka untuk diverifikasi.

Bagaimana Cara Menambang Bitcoin Cash?

Bitcoin Cash adalah uang elektronik peer-to-peer. Selain itu, ini membantu pengguna untuk mengkonfirmasi transaksi tanpa pihak ketiga. Selain itu, penambangan Bitcoin Cash adalah proses memecahkan masalah kriptografi yang kompleks dan menempatkan blok baru pada rantai.

Berikut adalah beberapa metode penambangan yang digunakan untuk menambang Bitcoin Cash.

Pilih Perangkat Keras Pertambangan

Perangkat keras penambangan khusus diperlukan untuk penambangan yang hebat. Selain itu, ada banyak perangkat keras penambangan yang tersedia di pasaran. Pengguna membutuhkan rig penambangan yang terdiri dari beberapa GPU untuk menambang Bitcoin Cash.

Terlebih lagi, penambang juga dapat menghitung profitabilitas penambangan dengan memasukkan informasi yang diperlukan seperti perangkat keras penambangan dan biaya listrik di kalkulator penambangan. Dengan demikian, pengguna akan mengetahui hasil penambangan Bitcoin Cash.

Instal Perangkat Lunak

Perangkat lunak penambangan adalah salah satu hal terpenting yang diperlukan untuk penambangan Bitcoin Cash. Pengembang yang terkait dengan Windows 8.1 dan Windows 10 dapat menginstal CGMiner, BTCMiner, EasyMiner, dan BFGMiner.

Untuk pengguna Linux, CGMiner adalah perangkat lunak penambangan Bitcoin Cash paling terkenal berdasarkan penambang CPU. Untuk Mac OS X, RPC Miner adalah yang digunakan. Setelah pengguna menginstal perangkat lunak penambangan, mereka harus membayar biaya seperti listrik.

Pengguna juga harus memiliki dompet kripto untuk menambang Bitcoin Cash. Untungnya, ada banyak dompet yang mendukung Bitcoin Cash. Misalnya, Electrum, salah satu dompet kripto terbaik, dapat digunakan di Linux, Windows, dan Mac.

Sementara itu, pengguna iOS juga bisa mengakses Bread Wallet. Untuk pengguna Android, Mycelium adalah pilihan yang layak. Sementara itu, Ledger Nano S adalah opsi lengkap untuk semua perangkat.

Bergabunglah dengan Cloud Mining Pool

Metode penambangan yang paling diinginkan adalah bergabung dengan kumpulan penambangan awan. Secara rinci, pengguna harus menemukan mitra penambangan awan cryptocurrency yang andal, mendaftar di situs web mereka, memilih rencana penambangan, dan melakukan pembayaran. Setelah dibayar, pengguna akan diberikan tingkat hash.

Keuntungan dari Bitcoin Cash

Terdesentralisasi

Bitcoin Cash menghilangkan kebutuhan bank sentral. Selain itu, dibutuhkan pasokan moneter dari tangan pihak berwenang. Selain itu, BCH juga kebal terhadap serangan politik. Ini adalah keuntungan utama berinvestasi di BCH.

Dapat diskalakan

Tim BCH cepat mengimplementasikan perubahan dan membuatnya lebih terukur. Hal ini menunjukkan banyak pengguna yang dapat melakukan transaksi dan pembayaran secara bersamaan. Skalabilitas tinggi mengarahkan potensi adopsi Bitcoin Cash di masa depan dengan alasan yang lebih tinggi.

Sangat efisien

Dengan blok yang lebih besar dari Bitcoin, BCH dapat mencatat lebih banyak transaksi di setiap blok. Juga, ini memungkinkan pembayaran lebih cepat. Dengan beban jaringan saat ini, antrian transaksi yang belum dikonfirmasi relatif rendah dan biasanya tidak akan melebihi 200-250 transaksi.

Biaya transaksi rendah

Dengan peningkatan skalabilitas BCH secara keseluruhan, waktu validasi dan biaya transaksi berkurang. Oleh karena itu, pengguna dapat mengirim sejumlah uang tanpa mengkhawatirkan biaya transaksi. Selain itu, penambang dapat menikmati lebih banyak manfaat.

Mudah didapat

Bitcoin Cash mudah diperoleh karena daftar BCH di bursa teratas. Selanjutnya, mendorong adopsi massal meningkatkan potensi investasinya di ruang crypto.

Kekurangan Bitcoin Cash

Adopsi rendah

Terlepas dari popularitas dan potensi Bitcoin Cash, BCH memberikan adopsi yang relatif rendah. Dibandingkan dengan Bitcoin, Bitcoin Cash tidak memiliki banyak investor dan menunjukkan penetrasi pasar yang lebih rendah. Meskipun Roger Ver mencoba mempromosikan Bitcoin Cash secara aktif, adopsi massal masih rendah. Dengan pemikiran ini, tingkat adopsi sangat penting untuk mendorong pertumbuhan kripto apa pun.

Masalah merek

Salah satu kelemahan utama berinvestasi di Bitcoin Cash adalah masalah brandingnya. Hal ini dapat memberikan dampak negatif terhadap kepercayaan investor. Bitcoin Cash sedang berjuang untuk membedakan dirinya dari Bitcoin dan juga memiliki beberapa garpu termasuk Bitcoin SV.

Penambangan Bitcoin Cash kurang menguntungkan

Kompleksitas komputasi jaringan adalah kerugian besar karena berdampak pada kecepatan ekstraksi data. Selain itu, penambangan Bitcoin Cash mirip dengan penambangan Bitcoin. Selanjutnya, penambang Bitcoin Cash mendapatkan lebih sedikit keuntungan. Pada catatan yang lebih ringan, pengguna tidak harus menjadi spesialis TI atau penambang untuk berinvestasi dalam Bitcoin Cash.

Likuiditas lebih rendah dari Bitcoin

Mempertimbangkan volume dan volatilitas transaksi on-chain, jelas bahwa transaksi Bitcoin Cash lebih rendah daripada transaksi Bitcoin. Ini menunjukkan bahwa BCH memiliki likuiditas yang lebih rendah dibandingkan dengan BTC, dengan pasangan BCH yang diperdagangkan kurang dari pasangan BTC.

Artikel yang Direkomendasikan

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.