Apa Itu Crypto Pump and Dump – Bagaimana Terjadinya?

0
(0)
  • Apa definisi ‘pump and dump’ dalam perdagangan cryptocurrency?
  • Bagaimana pompa dan pembuangan terjadi dan bagaimana Anda akan menemukannya?
  • Bagaimana pump and dump mempengaruhi para pedagang?

pengantar

Dalam istilah yang lebih sederhana, pompa dan pembuangan adalah ‘manipulasi harga yang curang’ yang sudah ada di lingkungan ekonomi sejak tahun 1700-an. Namun, dalam perdagangan kripto, ini adalah situasi yang lebih kompleks yang membutuhkan tindakan segera. Fenomena ini kembali merajalela pada tahun 2021 ini.

Ada literatur dan studi terbatas tentang pompa dan pembuangan kripto. Karena itu, banyak yang menjadi korban skema semacam ini. Pasar crypto sendiri rentan terhadap fenomena ini.

Jadi, apa itu pompa dan dump crypto? Bagaimana cara kerjanya? Mengapa Anda harus mewaspadainya? Apa yang Anda lakukan ketika terjebak dalam skema ini?

Pompa dan Pembuangan Crypto

Pertama, mari kita definisikan crypto pump dan dump. Skema semacam ini adalah situasi di mana sekelompok orang atau individu berencana untuk memompa aset ke pasar dan membuangnya untuk mendapatkan keuntungan. Istilah ‘memompa’ mengacu pada pembelian koin dalam jumlah besar untuk mendorong harga dan permintaan koin tertentu menjadi lebih tinggi. Ini juga dapat disebut sebagai menaikkan harga secara artifisial melalui penyebaran informasi yang salah, maka begitu harga naik, mereka akan mulai ‘membuang’ atau menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Pompa dan dump Crypto muncul di pasar cryptocurrency karena lingkungannya yang tidak diatur.

Bagaimana Crypto Pump dan Dump Bekerja

Umumnya, ketika individu atau kelompok orang yang memulai seluruh skema keluar dari pasar, publisitas tentu saja akan mereda. Dengan ini, harga akan turun dan mereka yang percaya dan berpartisipasi dalam pump and dump yang dimaksud kemudian akan kehilangan nilai aset yang mereka beli setelah harga turun (karena dipompa secara salah).

Dalam kebanyakan kasus, scammers menargetkan koin yang tidak populer yang tidak membutuhkan banyak uang untuk dimanipulasi. Selain itu, mereka mengincar ICO (penawaran koin awal) untuk mendapatkan lebih banyak uang. Dengan kata lain, scammers tidak akan berpikir untuk merangsang Bitcoin memompa dan membuang ke dalam pergerakan Bullish karena ini akan membutuhkan banyak modal.

Orang Di Balik Skema Pompa dan Dump Crypto

Orang-orang di balik skema ini adalah penipu, oportunis, atau hanya sekelompok individu yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Beberapa grup bahkan memberikan sinyal trading crypto yang hanya menjalankan skema pump and dump. Orang-orang ini menarik bagi pedagang baru yang tidak memiliki pengalaman perdagangan yang cukup dan mencoba untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Begitu mereka melakukannya, mereka membebankan biaya untuk sinyal perdagangan tetapi pedagang tidak akan pernah tahu dari mana sinyal itu berasal. Mungkin, sinyal-sinyal ini berasal dari para manipulator—tetapi sekali lagi, mereka tidak akan pernah tahu.

Influencer juga dapat mengambil bagian dalam skema semacam ini. Saat ini, influencer telah menjadi sumber terpercaya dari informasi yang relevan. Mereka sekarang memiliki kemampuan untuk membujuk banyak orang dengan apa yang mereka promosikan.

Ketika seorang influencer yang memiliki latar belakang perdagangan atau pengalaman cryptocurrency yang dipertanyakan tiba-tiba mempromosikan koin digital dan menjanjikan pengembalian investasi yang tinggi, berhati-hatilah. Ini mungkin terdengar bagus tetapi tidak selalu benar.

Sebagai seorang trader, seseorang harus memiliki wawasan atau penilaian yang berbeda dan masuk akal terhadap sumber-sumber yang Anda lihat atau baca. Periksa keandalannya terlebih dahulu, sebelum mempercayai sumber tersebut.

Bagaimana Penipu Melakukan Skema Crypto Pump dan Dump

Sekelompok orang di balik skema ini mengerahkan banyak upaya saat memompa dan membuang kripto. Menargetkan crypto membutuhkan persiapan dan analisis yang intensif.

Hal pertama yang mereka lakukan adalah mengumpulkan kelompok yang didedikasikan untuk memanipulasi pasar. Seringkali, mereka memilih orang-orang yang sudah mengetahui dengan baik tentang pasar crypto, dan di bagian atas daftar mereka adalah analis pasar. Setelah itu, mereka membagi kelompok menjadi unit-unit kecil dan kemudian mendistribusikannya ke berbagai daerah, untuk menjangkau pasar yang lebih besar.

Kedua, mereka mendapatkan dana yang mereka butuhkan untuk memulai pembelian. Kemudian, mereka memulai kampanye yang gencar untuk publisitas koin. Hal ini diperlukan untuk mempengaruhi emosi para trader. Tujuannya adalah untuk membuat para pedagang ini merasa FOMO atau takut ketinggalan; dengan begitu, mereka akan lebih tertarik untuk berinvestasi pada koin yang dipromosikan penipu.

Setelah melakukan semua hal ini, penipu kemudian akan memantau token dengan hati-hati dan menjual setelah harganya mencapai puncaknya—di sinilah pengembalian maksimum terjadi. Mereka akan mencoba menjual token sebanyak mungkin, terutama karena puncaknya hanya berlangsung selama beberapa jam; oleh karena itu, mereka perlu memanfaatkannya.

Setelah pengembalian maksimum terjadi, penipu ini beralih ke pertukaran crypto dan kemudian memindahkan dana yang baru dikumpulkan ke dompet mereka dengan cepat.

Melindungi Diri Anda dari Skema Pompa dan Dump Crypto

Untuk menghindari menjadi korban crypto pump and dump, Anda harus terlebih dahulu mendeteksinya bahkan sebelum itu terjadi. Namun, tidak mudah untuk mengidentifikasi bahwa skema ini sudah terjadi. Inilah alasan mengapa scammer di baliknya jarang ditemukan oleh pihak berwenang.

Saat melihat pompa dan dump crypto, penting untuk dicatat jika ada koin yang tidak diketahui tiba-tiba naik secara signifikan tanpa alasan yang kuat. Ini mungkin saja—indikator skema.

Tanda-tanda lain dari pompa dan dump crypto adalah:

Beberapa grafik memiliki patokan yang ditetapkan untuk kenaikan harga dalam menit tetap. Ini adalah fitur yang bagus karena, melalui ini, Anda akan segera melihat kenaikan yang tidak wajar dari koin tertentu. Perubahan harga adalah salah satu tanda utama dari crypto pump and dump. Perubahan harga yang tajam menunjukkan upaya para perencana dalam memompa koin.

Untuk mengetahui bagaimana volume koin berubah dan bagaimana harganya naik dari waktu ke waktu, Anda dapat memeriksa grafik harga koin beserta riwayatnya. Di sini, Anda akan melihat cara jelas para perencana memompa koin secara substansial.

Artikel berita berbayar juga bisa menjadi tanda pemompaan. Saat Anda melihat lonjakan aktivitas media sosial seputar proyek koin kecil atau mata uang kripto, ini bisa menjadi indikator periode awal skema.

Mastermind juga menggunakan grup obrolan online untuk menyebarkan informasi yang salah tentang koin. Jumlah total orang yang terlibat dalam kelompok ini dapat mencapai hingga 200.000. Seringkali, Discord dan Telegram digunakan dalam skema semacam ini melalui saluran anonim dan pribadi.

Penting untuk mengetahui sumber koin yang ingin Anda investasikan. Begitu Anda melihat koin yang tidak populer tiba-tiba menjadi tren di situs media sosial seperti Twitter atau muncul di iklan Facebook atau mungkin menerima penawaran investasi yang tidak diminta, inilah alasan untuk waspada .

Penting juga untuk secara teratur memeriksa volume perdagangan koin di grafik pasar koin yang dapat dipercaya. Di sini, Anda dapat melihat likuiditas koin tertentu dan jika tampaknya memiliki likuiditas tipis, ini hanya berarti pembeli dan penjual tidak cukup untuk menstabilkan harga.

Dengan kata lain, pembuat pasar mungkin tidak tertarik dengan koin tertentu. Ini mengungkapkan kemampuan koin untuk melonjak seiring waktu atau tidak. Koin dengan likuiditas tipis lebih rentan terhadap skema pump and dump karena lebih mudah untuk dimanipulasi.

Untuk mendapatkan kapitalisasi pasar koin, Anda hanya perlu mengalikan harganya dengan penawaran. Grup yang memfasilitasi memompa dan membuang koin target dengan kapitalisasi pasar rendah. Kapitalisasi pasar yang rendah menampilkan aktivitas perdagangan yang lebih rendah dan ini adalah salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh para perencana ini ketika memilih koin mana yang akan dimanipulasi.

Ada pertukaran crypto yang jarang diatur dan inilah mengapa pertukaran ini lebih rentan terhadap skema pump and dump. Dikatakan dalam sebuah analisis bahwa pertukaran yang diatur dengan ketat jarang mengalami skema semacam ini. Karena sebenarnya, lonjakan harga biasanya hanya terjadi di satu bursa—yang rentan.

Singkatnya, begitu koin yang tidak dikenal dengan kapitalisasi pasar beberapa juta dolar tiba-tiba mendapatkan perhatian dan media sosial melonjak, orang harus berhati-hati dalam berinvestasi dalam koin khusus ini karena ada kemungkinan besar bahwa ini hanya produk pump and dump skema.

Berinvestasi dalam crypto atau ICO memang berisiko, itulah sebabnya seseorang harus berhati-hati setiap saat sebelum mengambil tindakan investasi apa pun.

Kesimpulan

Cryptocurrency dengan cepat mendapatkan perhatian hari ini. Karena peraturannya yang belum dipetakan, skema pompa dan pembuangan kemungkinan akan terjadi berulang kali—itulah sebabnya pedagang harus waspada setiap saat. Sebagai investor, keselamatan dan keamanan Anda harus menjadi prioritas utama Anda.

Meskipun demikian, beberapa komunitas dan institusi membuat investor tetap aman. Cryptocurrency adalah uang, properti, dan komoditas Anda — itulah sebabnya melindunginya adalah hal yang benar untuk dilakukan. Sebelum terjun ke dunia perdagangan crypto, Anda harus memahami pasar sepenuhnya. Selain itu, normal untuk memeriksa apakah koin yang Anda rencanakan untuk diinvestasikan, stabil atau tidak.

Saat ini, beberapa cryptocurrency mengambil alih pasar, seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan banyak lainnya. Cryptocurrency ini membentuk masa depan perdagangan digital menjadi masa depan yang solid. misalnya, Bitcoin adalah cryptocurrency tertua yang tersedia di pasar. Ini terus berfungsi sebagai jangkar untuk cryptocurrency lain di masa sekarang. Saat ini, nilai Bitcoin terus meningkat dan menggambarkan stabilitas mata uang digital.

Terlebih lagi, dalam trading, yang terpenting adalah Anda memilih koin yang paling Anda percayai. Terkadang, mungkin tak terhindarkan bagi pedagang untuk menjadi korban skema seperti crypto pump and dump, tetapi penting untuk bangkit dari kesempatan seperti itu.

Karena fluktuatif, mata uang digital adalah investasi berisiko tinggi—disarankan untuk mempelajari pasar terlebih dahulu. Ingat, ada pro dan kontra untuk semuanya; oleh karena itu, keputusan sepenuhnya terserah Anda.

Penafian: Artikel ini terutama berfokus pada menjelaskan konsep pompa dan dump crypto. Ini tidak mengandung saran dan ajakan bertindak pada pump and dump, karena seorang trader memiliki kebijaksanaan tunggal atas tindakan dan keputusan tradingnya.

Artikel yang Direkomendasikan

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/breatgem/widiyanata.com/wp-includes/functions.php on line 4755